REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Cabut gigi adalah salah satu alternative penyelesaian gigi berlubang yang tidak dapat diselamatkan. Setelah anda mencabut gigi, 5 hal ini yang tidak boleh anda lakukan. Pertama jangan terlalu sering berkumur. Seperti yang disampaikan Drg.Khairunnas, terlalu sering berkumur dapat menyebabkan pendarahan. Darah yang sudah membeku akan kembali pecah, terlalu sering berkumur juga dapat menyebabkan Dry Socket.

“ Dry Socket diakibatkan terlalu sering berkumur, menyebabkan bekas luka menjadi kering sehingga penyembuhan menjadi lebih lama dan akan menimbulkan rasa sakit,” Ungkapnya kepad kru Bertuahpos,Jumat,(9/12/16).

Kedua, setelah mencabut gigi anda dilarang untuk menghisap. Termasuk menghisap minuman melalui sedotan, menghisap rokok dan menghisap bekas luka. Hal itu, dapat menyebabkan pendarahan kembali terjadi. Ketiga jangan menyentuh bekas luka menggunakan jari ataupun menggunakan lidah, karena jari yang tidak steril akan menyebabkan bekas luka menjadi infeksi dan dorongan yang diberikan lidah pada bekas luka akan menghambat proses penyembuhan.

Ke empat jangan sering meludah, dan yang ke lima jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas.

Itulah 5 hal yang tidak boleh anda lakukan setelah anda mencabut gigi. Drg.Khairunnas juga menyarankan agar anda mengkonsumsi obat pereda rasa sakit setelah melakukan pencabutan gigi.

“Untuk meredakan rasa sakit, konsusmsi obat penghilang rasa sakit yang sudah diresepkan oleh dokter gigi,” pungkasnya.