REDAKSIRIAU.CO, SEMARANG - Pelari Jawa Barat (Jabar) Agus Prayogo menjadi yang tercepat dalam lomba lari tingkat nasional bertajuk Lomba Lari Open Nasional 10K Semarang Hebat, Minggu (4/12/2016). Agus yang menyabet tiga medali emas PON XIX Jabar 2016, terbaik di kategori nasional.

Sebanyak 3.500 peserta meramaikan lomba lari yang dibuka Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Lomba lari yang terselenggara atas kerjasama Pemkot Semarang dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ini berhasil menjaring partisipasi sejumlah atlet lari nasional seperti Agus Prayogo dan Triyaningsih.

Lomba dimulai tepat pukul 06.00 WIB dengan menempuh jarak 10 km ini para peserta menempuh titik start di Jalan Pandanaran, selanjutnya, peserta Jalan Pandanaran – Tugu Muda, Jalan Dr.Sutomo IV – Jalan Veteran Jalan Sriwijaya , Jalan Mt.Haryono, Jalan Mayjed Sutoyo dan finish kembali di Jalan Pandanaran.

Walikota Hendrar Prihadi saat membuka event tersebut menyatakan, pihaknya sangat mendukung terselenggaranya lomba lari 10K ini. Menurutnya lomba lari sudah lama tak digelar sehingga dirasa perlu dilakukan lagi secara rutin.

"Lari adalah olahraga basic yang dibutuhkan dan pasti bisa dilakukan semua orang. Selain untuk kesehatan,kegiatan ini diharapkan juga dapat mendorong prestasi-prestasi bidang atletik," ungkap walikota.

Dia mengatakan, dengan peserta yang datang dari seluruh Indonesia, seperti Jabar,Jatim, hingga Sulawesi dan Kalimantan Walikota optimis kegiatan ini juga mampu menjadi primosi potensi wisata Kota Semarang.

Kepala Dinsospora Kota Semarang, Gurun Risatmoko mengatakan, kegiatan di bidang olahraga lari bertaraf nasional yang pertama digelar di Kota Semarang, diharapkan akan menjadi maskot olahraga lari terbesar di Kota Semarang. Kegiatan lomba lari ini memperebutkan hadiah uang tunai senilai total Rp143 juta. Hadiah terbagi dalam 4 kategori meliputi kategori nasional, regional Jawa Tengah, TNI/ Polri dan pelajar SMP–SMA Kota Semarang.

“Keluar sebagai juara nasional adalah Agus Prayogo dari Jabar dan juara Regional Rieke Febrianti dari Salatiga,” tambahnya.