REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Pemprov Riau menargetkan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2016 mencapai target 80 persen.

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi mengklaim, jika target ini tercapai tentu saja realisasi anggaran Pemprov Riau tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya 60 persen dari pagu kurang lebih Rp11 triliun tahun 2015.

Hingga saat ini, realisasi fisik dari APBD sudab mencapai 81 persen sampai 82 persen. Sementara realisasi keuangan sudah berjalan sampai 60 persen. Jikapun nanti terjadi perhitungan yang keliru, paling-paling pada pos pengaluran bantuan keuangan daerah.

"Karena itu memang sulit, untuk dilihat bentuk realisaainya. Selebihnya kami sangat yakin realisasi anggaran kita tahun ini bisa mencapai 80 persen dari pagu anggaran Rp10 triliun lebih," tambahnya.

Dia menambahkan, upaya perbaikan terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terhadap realisasi anggaran Pemprov Riau terus dilakukan. Menjelang akhir November dan sampai Desember ini, kemungkinan besar ada banyak pos anggaran yang akan dilakukan pembayaran.

Dengan kata lain, setelah langkah ini dilakukan tentu saja ada penambahan jumlah angka realisasi. Paling tidak target Pemprov Riau dengan realisasi anggaran sebanyak 80 persen itu harus menjadi prioritas dalam melakukan serapan anggaran pemerintah.