REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, Said Syarifuddin menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang hanya ingin menghancurkan persatuan dan kesatuan yang telah terbina dengan baik selama ini.

Himbauan tersebut disampaikannya usai mengikuti apel kesiapsiagaan dalam rangka stabilitas kamtibmas dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang digelar di Lapangan Gadjah Mada Tembilahan, Kamis (24/11/2016).

Dikatakan Sekda, Pemkab Inhil sangat mendukung dan mengapresiasi dilaksanakannya upacara ini oleh Polres dan Kodim 0314. "Kita mengimbau dan berharap kepada seluruh masyarakat, untuk lebih arif, tenang dan jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," pesan Sekda.

Sementara itu, Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) mengajak seluruh elemen yang ada, mulai dari Polri, TNI, aparatur Pemerintah hingga masyarakat untuk turut bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan menegakan hukum di NKRI.

"Kita tidak alergi dengan penyampaian pendapat dalam unjuk rasa, sepanjang itu disampaiakan melalui mekanisme yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, karena itu telah diatur dalam undang-undang. Jadi, kita amankan bersama-sama," pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan, Sarpras Sabhara serta kendaraan oleh Unsur Forkompimda dan undangan lainnya. Saat itu, juga ditampilkan demonstrasi penggunaan Mobil Water Canon oleh Sat Sabhara Polres Inhil. (Adv)