REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Perkiraan cuaca berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, memantau pada bulan November ini adalah puncak musim hujan terjadi di Riau.

   Kepala BMKG Stasium Pekanbaru, Sugarin mengatakan, diminta kepada pihak terkait khususnya Pemprov Riau untuk mewaspadai kemungkinan buruk akan terjadi terhadap daerah rawan banjir, terutama Kampar, Pelalawan dan Rohul.

   "Waspada terhadap bencana alam banjir memang harus dilakukan sejak dini, agar penangananya maksimal. Kami sudah keluarkan prediksi bahwa November ini adalah puncak musim hujan di Riau," katanya, Kamis (24/11/2016).

   Sugarin menyebutkan, karena terjadi perubahan dan pergeseran cuaca, kemungkinan besar prediksi musim hujan masih akan berlangsung sampai Bulan Januari 2017 nanti. Selanjutnya pada Februari tahun depan Riau masuk musim panas.

   Setelah itu pada Bulan Maret dan April, Riau kembali memasuki musim penghujan dan Mei 2017 pancaroba kembali. Kondisi pergeseran musim di Riau sudah terjadi sejak lama. Kondisi cuaca secara umum dari hasil prediksi sudah dilakukan. Hanya saja, kesiapsiagaan semua pihak tentunya harus dipersiapkan sejak dini untuk antisipasi kemungkinan besar hal buruk yang akan terjadi.