REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Seluruh masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup dengan tujuan agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang masyarakat ketika musim penghujan dan air pasang seperti sekarang ini.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Zainal Arifin melalui Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes), Siti Munziarni.

"Di musim seperti sekarang ini, kita dihadapi dengan berkembangnya nyamuk DBD yang dapat menyebabkan kematian, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan baik dilingkungan keluarga hingga lingkungan lainnya," sebut Siti Munziarni.

Selain itu, katanya lagi, masyarakat juga dihimbau untuk membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit diare yang biasa terjadi ketika musim hujan dan air pasang tinggi seperti yang terjadi disetiap akhir tahun di Kabupaten Indragiri Hilir ini.

"Jika ada yang merasa sudah terserang penyakit, segeralah melakukan pemeriksaan ditempat-tempat pelayanan kesehatan terdekat agar bisa mendapatkan pertolongan," pintanya.

Lebih jauh ia menyarankan agar masyarakat juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan tujuan agar penyakit-penyakit yang tidak diketahui gejalanya bisa diketahui, sehingga bisa mendapatkan perawatan kesehatan sebelum menjadi fatal. (Adv)