REDAKSIRIAU.CO, BREBES— Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, Jawa Timur, menggunakan cara simpatik untuk mengingatkan pengendara sepeda motor yang melanggar aturan.

Memasuki hari kedua Operasi Zebra Candi pada 16-29 November 2016, polisi memberikan helm kepada pelajar yang membonceng sepeda motor tanpa pelindung kepala.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakan, kampanye tertib berlalu lintas ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Operasi dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman, Brebes, dan menyasar para pengguna kendaraan, termasuk mereka yang tidak mengenakan helm berstandar nasional.

Sedikitnya ada 10 helm yang dibagikan kepada para pelajar yang membonceng tanpa menggunakan helm.

"Kami juga mengingatkan agar pengendara mobil mengenakan sabuk pengaman, selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas, dan tidak melanggar marka jalan," kata Arfan, Kamis (17/11/2016).

Petugas lalu lintas tidak segan memasangkan tali helm yang dikenakan para pengendara motor.

Meski demikian, bukan berarti para pelanggar dibebaskan dari penindakan polisi. Menurut Arfan, 80 persen dari operasi ini ditekankan pada penindakan terhadap pelanggaran. Selebihnya berupa tindakan edukatif dan pencegahan.