REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Wakil Ketua Kwaran Riau, Masrul Kasmy meminta agar Pramuka di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau untuk lebih mengintensifkan gerakan-gerakan pramuka yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Permintaan itu ia sampaikan kepada Bupati Indragiri Hilir, M Wardan yang juga sebagai Kepala Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kabupaten Indragiri Hilir saat melakukan silahturahmi dan monitoring di kediaman Bupati Inhil, Rabu (16/11/2016).

"Kita mengharapkan Pramuka di Kabupaten Indragiri Hilir untuk meningkatkan kegiatan Pramuka yang telah berjalan ini. Baik ditingkat kwartir ranting, terutama di gugus-gugus depan," sebutnya.

Hal itu dipandang penting dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai leluhur, kepribadian, semangat dan kerja keras bagi para pelajar yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir ini.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan monitoring yang tengah mereka laksanakan di tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi gerakan pramuka di tingkat kabupaten.

"Kita ingin gerakan ini bisa berjalan dengan baik terutama sistem administrasi dengan adanya laporan baik surat masuk, surat keluar, kegiatan rapat, evaluasi sehingga menjadi dorongan nanti untuk kita evaluasi tingkat kwarda sampai kwarnas sehingga masing-masing kwarcab bisa melakukan aktivitas yang lebih maksimal, kita dorong dengan berbagai iven-iven yang skalanya mulai dari tingkat ranting, tingkat kuarcab sampai tingkat nasional," sebutnya.

Diakuinya, saat pertemuan tersebut pihaknya juga menawarkan kepada Bupati Indragiri Hilir M Wardan agar pelaksanaan rapat kerja daerah ataupun perkemahan yang skalanya tingkat luar daerah atau tingkat provinsi bisa dilakukan sebagai tuan rumah di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Misalnya perkemahan budaya, perkemahan besar sehingga ini bisa menjadi semangat untuk Daerah ini sendiri," tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati Indragiri Hilir, M Wardan mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut hangat monitoring yang dilakukan oleh Kwarda Provinsi Riau tersebut. Ia mengaku telah mendapatkan masukan-masukan yang bertujuan membangun didalam pengelolaan Pramuka di daerah kepemimpinannya.

"Kita mendapatkan masukan-masukan terutama bagaimana pengelolaan ke Pramuka di daerah kita Kabupaten Indragiri Hilir ini," sebut HM Wardan.

Bupati HM Wardan juga mengutarakan komitmennya tentang gerakan-gerakan Pramuka di Kabupaten Indragiri Hilir kedepannya, diantaranya adalah tentang bagaimana pengurus Kwarcab nantinya akan melaksanakan kegiatan berupa perkemahan dan latihan kepemimpinan.

"Sehingga mereka mempuyai peluang untuk manfaatkan komitmen yang telah dibangun oleh pemerintah daerah untuk bersama-sama bersinergi dalam rangka membina kaum muda di Indonesia," katanya. (Adv)