REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU- Dompet Dhuafa (DD) Provinsi Riau bekerjasama dengan Yayasan Fitrah Madani Meranti telah merancang kapal atau speedboat sebagai kapal kemanusiaan di Kepulauan Meranti. Kapal ini sebagai alat transportasi utama untuk berhubungan dengan wilayah kepulauan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dompet Dhuafa Riau Ali Bastoni kepada kru bertuahpos.com. Dijelaskannya akses wilayah yang luas dan masih banyaknya wilayah pedalaman membuat kapal/speedboat menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat.

“Bagi masyarakat mampu, mengeluarkan biaya untuk menggunakan jasa speedboat adalah hal yang ringan. Tapi bagi masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang berada di pedalaman pulau hal tersebut masih cukup berat karena keterbatasan ekonomi yang mereka rasakan,” jelasnya, Rabu (16/11/2016).

Speedboat itu sendiri dirancang sepanjang 7 meter dan lebar 1,6 meter dengan kapasitas penumpang sebanyak 15 orang. Badan kapal telah siap untuk di pakai, namun masih belum memiliki mesin sebagai motor penggeraknya.

“Insha Allah nantinya kapal ini akan di jadikan sebagai ambulance untuk mengangkut pasien yang perlu pertolongan darurat dari pedalaman menuju rumah sakit, mengangkut jenazah, mengangkut bahan logistik (sembako), serta transportasi guru dan pendakwah menuju wilayah pedalaman,” sebut Ali.

Untuk itu dirinya mengajak bagi masyarakat yang berpendapatan lebih bisa menyalurkan sebagian harta yang dimiliki untuk membeli mesin speedboat ini. “Karena biaya yang dibutuhkan cukup besar, sekitar Rp 150 juta. Dengan bergotong royong, hal ini bisa kita capai bersama. Semoga dengan uluran tangan yang kita berikan, dibalas Allah dengan kebaikan dan harta yang berlimpah,” katanya.

Donasi dapat dikirim ke rekening BNI Syariah 444-667-7792 atau Mandiri 108-001-2604-139 a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika Riau. Atau dapat menghubungi call center (0761)22078 / 081261188211.