REDAKSIRIAU.CO,MILAN - Gelar juara MotoGP 2016 jatuh ke pelukan Marc Marquez. Pembalap kebangsaan Spanyol itu sudah mengumpulkan 278 poin dan nilainya tidak bisa dikejar lagi oleh para pesaing seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo serta Maverick Vinales.

Meski demikian, Marquez tetap diharuskan ambil bagian saat seri terakhir musim ini digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 13 November 2016 mendatang. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut begitu bersemangat sebab ia bisa merayakan gelar juara di depan pendukungya sendiri.

"Saya tidak sabar pulang ke rumah. Akhirnya kami kembali (ke Spanyol) setelah melewati balapan di luar negeri yang berjalan cukup berantakan. Tapi saya senang sebab bisa pulang dengan gelar juara dan kami akan merayakannya bersama keluarga serta teman-teman," ucap Marquez yang dikutip dari Crash.

Usai memastikan gelar juara di Sirkuit Motegi Jepang, penampilan Marquez memang jauh di luar dugaan. Ia mengalami kecelakaan saat lomba diadakan di Sirkuit Phillip Island Australia. Setelah itu Marquez tercecer ke posisi 11 saat mengikuti balapan di Sirkuit Sepang Malaysia. Karena itu Marquez ingin memperbaiki penampilannya sebab dengan cara tersebut, perayaan gelar juara MotoGP 2016 akan terkesan lebih sempurna.

Demi mewujudkan hal itu, Marquez rela menggunakan hari liburnya untuk latihan. Di sela-sela kegiatannya, ia juga menghadiri acara wajib Honda yang digelar di Milan, Italia, Senin (7/11/2016).

"Sebelum turun balapan, saya punya kesempatan untuk sedikit bersantai. Saya manfaatkan itu untuk latihan, baik di dalam ruangan seperti gym atau di luar rumah dengan bersepeda dan mengendarai motorcross," ungkapnya.