REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Sejumlah kegiatan dibeberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah yang belum masuk dalam daftar LPSE Provinsi Riau, kemungkinan besar masuk dalam list rasionalisasi anggaran di APBD Perubahan tahun 2016.

Kepala Biro Adminsitrasi Pembangunan Setdaprov Riau Indra mengatakan, saat ini jika disandingkan dengan rencana umum pelelangan memang masih ada beberapa SKPD yang belum lapirkan kegiatannya, sehingga belum bisa masuk dalam LPSE.

"Masalahnya kami juga belum dapat banyak informasi. Termasuk kegiatan mana saja yang akan dirasionalisasikan dalam APBD perubahan nanti," ujarnya, Rabu (12/10/2016).

Hingga saat ini, lebih kurang ada 72 persen dari total keseluruhan paket lelang yang sudah diselesaikan. Sementara sisa waktu menjelang tutup buku akhir tahun sebentar lagi.

Sementara, di APBD Perubahan nanti, pemerintah lebih mendahulukan kegiatan yang tidak rumit. Misalnya hanya sebatas pengadaan barang, atau kontruksi yang tidak menggunakan teknologi tinggi.  Artinya kegiatan itu bisa terselesaikan dalam waktu singkat.

Saat ini dari rencana umum pelelangan saja tercatat sebanyak Rp 2,9 triliun, sedang masuk dalam ULP Rp 2,3 triliun. Ada selisih sekitar Rp 600 miliar. Termasuk kegiatan yang akan dirasionalkan oleh masing-masing SKPD dalam APBD Perubahan.