REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU- Kabar gembira bagi para guru di Pekanbaru. Jika tidak ada aral melintang dana sertifikasi sekitar 4000 guru triwulan III segera cair pada akhir Oktober mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pekanbaru, Mus Alimin. Hanya saja waktu pencairan dana tergantung pada pengajuan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru.   

“Kalau tidak ada pengajuan, tidak bisa diproses pencairan. Jumlah yang akan dikeluarkan juga bergantung dari pengajuan yang diserahkan,” kata Mus Alimin, Senin (03/10/2016).   

Hanya saja untuk besaran Dana sertifikasi yang dicairkan, Mus Alimin tidak bisa memastikan. Hanya saja pencairan sebelumnya, bagian perbendaharaan BPKAD Pekanbaru mengeluarkan dana sertifikasi pertriwulannya mencapai Rp 48 miliar sampai Rp 50 miliar.   

"Kalau ada pengurangan berarti sebanyak itu yang diajukan Disdik. Sebab tidak menutup kemungkinan ada dari penerima sertifikasi yang sudah pensiun," kata Mus Alimin.   

Sedangkan Kepala Disdik Pekanbaru, Abdul Jamal saat dikonfirmasi akan mengajukan pencairan dana sertifikasi secepatnya. Jamal sampaikan, untuk total pembayaran mencapai Rp 51 miliar untuk diserahkan ke sekitar 4000 guru.