REDAKSIRIAU.CO, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hari ini menghadiri acara Dies Natalis ke-55 Universitas Syiah Kuala Aceh. Zulkifli berpesan agar perguruan tinggi dapat mencetak lebih banyak sumber daya manusia yang unggul, terlebih dalam menghadapi persaingan global. Indonesia, kata Zulkifli, bisa semakin besar jika generasi masa depan memiliki kualitas mumpuni, terutama dalam berbangsa dan bernegara. Untuk itu, perguruan tinggi harus bisa menjadi wadah tukar ilmu dan ide terbaik.

  

   "Perguruan tinggi memiliki peran penting dan strategis untuk kemajuan suatu bangsa. Sebagai center of excellence, perguruan tinggi harus melahirkan lulusan-lulusan yang kompetitif dan sesuai kebutuhan masyarakatnya," ujar Zulkifli dalam siaran pers dari MPR, Selasa (6/9/2016).

  

   Hal ini disampaikannya saat membacakan orasi ilmiah dalam acara Dies Natalis ke-55 Universitas Syiah Kuala Banda aceh di Gedung AAC Dayan Dawwod Unsyiah Aceh. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Aceh Zaeni Abdullah, Rektor Unsyiah Kuala Samsul Rizal beserta jajaran sivitas akademika dan mahasiswa Unsyiah Kuala. Zulkifli berharap perguruan tinggi mau turun tangan dan memiliki sikap untuk bersama-sama memperbaiki nasib bangsa. Zulkifli pun mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan bersama membangun Indonesia yang lebih maju.

  

   "Kaum intelektual tidak boleh berumah di awan, harus turun ke bumi dan ikut bertanggung jawab terhadap nasib negerinya," tutup Zulkifli. (tor/wsn)