REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Seluruh warga diimbau untuk tidak bepergian ke Singapura dengan alasan kesehatan yang saat ini sedang dikhawatirkan karena merebaknya suatu virus penyakit yang ada di sana.

  

   Imbauan itu datang dari Pemerintah Indonesia, pemerintah mengeluarkan travel advisory atau imbauan. Travel advisory itu dikeluarkan terkait merebaknya virus zika di Singapura belakangan ini.

  

   Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan, pihaknya juga menginstruksikan seluruh kantor kesehatan di tiap pelabuhan dan dinas kesehatan seperti di Batam untuk mengawasi penyebaran virus zika. Bahkan kata dia, dalam persoalan tersebut organisasi kesehatan dunia (WHO) juga menerbitkan public health emergency of consult.

  

   "Kemudian pelabuhan besar seperti Batam, atau Cengkareng untuk memasang thermal scanner," ujar Nila di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

  

   Dia mengimbau bagi warga yang terkena demam sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Menurutnya salah satu indikasi orang yang terkena virus zika mengalami demam mirip demam berdarah.

  

   "Kita mengeluarkan travel advisory tadi pagi kita komunikasikan dengan Kementerian Luar Negeri karena harus ada advice dari Kementerian Luar Negeri," ucapnya.