REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan penghubung.

  

   Selain prioritaskan pembangunan jalan, Pemkab Inhil yang saat ini dipimpin oleh Bupati H M Wardan juga akan memprioritas pembangun lainnya.

  

   "Tidak hanya itu, kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Indragiri Hilir juga menjadi prioritas kita," kata Bupati Inhil, H M Wardan dalam sambuannya saat melakukan Safari Ramadhan 1437 H.

  

   Untuk itu, kata Bupati Inhil kembali, masyarakat harus memahami tentang tanggung jawab pembangunan, yang terbagi antara Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Pemerintah Kabupaten.

  

   "Seperti Jalan Lintas Rengat-Tembilahan, yang merupakan kewenangan APBN. Kemudian, Jalan Sungai Luar-Sungai Piring dan juga Jalan Keritang-Kemuning, yang menjadi tanggung jawab pihak Provinsi," imbuhnya.

  

   Kendati begitu, lanjutnya, Pemkab Inhil tidak akan lepas tangan, karena sistem kepemerintahan tersebut juga menjadi tanggung jawab pemerintah di kabupaten.

  

   "Tapi saya sebagai Bupati juga tak akan kenal lelah, guna mendesak Pusat dan Provinsi untuk segera membangun jalan penghubung ini," tutur Bupati Wardan.

  

   Dimana, dengan perjuangan dan dukungan dari seluruh elemen yang ada di Kabupaten Inhil, lanjut Bupati Wardan, beberapa usulan pembangunan jalan penghubung sudah diluluskan, contohnya Jalan Sungai Luar-Sungai Piring.

  

   "Insya Allah, akhir tahun ini jalan tersebut akan bagus, karena sudah masuk dalam kegiatan pusat yang dianggarkan sekitar Rp 130 miliar," terangnya.

  

   Selain itu, atas usaha yang tidak henti-hentinya mendesak Pemerintah Pusat di Jakarta, akhirnya tahun ini akan dibangun pula Jalan Sungai Gergaji-Sanglar-Pulau Kijang, yang menelan anggaran Rp 60 miliar.

  

   Bahkan, yang saat ini sudah selesai pelelangan pekerjaannya adalah Jalan Simpang Granit menuju Pelabuhan Samudera di Kuala Enok.

  

   "Dengan berbagai pembangunan ini, kita harapkan apa yang dicita-citakan untuk membangun Inhil lebih maju hingga mendorong kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana dengan baik," imbuhnya. (Adv)