REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Rosman Malomo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sinkronisasi Data Kemiskinan Wilayah Barat, bertempat di Hotel Sultan and Residence JCC Jakarta Pusat. Kamis (11/2/2016).

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Ketua Komisi VIII DPR RI, Wakil Bupati/Walikota dan Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemisikinan (TKPK) Wilayah barat.

Pembukaan Rakoornas Sinkronisasi Data Kemiskinan Wilayah Barat yang dilaksanakan dari tanggal 8-12 Februari 2017 diawali dengan pemukulan Gendang oleh Menteri Sosial RI secara bersama-sama dengan Ketua Komisi VIII DPR RI dan Dirjen Kementrian Sosial RI.

Adapun hal yang ingin dicapai dalam rakornas itu, diantaranya, terbangunnya dukungan dan komiten bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menunjang keberhasilan Program Perlindungan Sosial.

Tema yang diangkat pada Rakoornas itu membahas tentang, Sinkronisasi Data Kemiskinan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka Perluasan Kepesertaan Program Keluarga Harapan.

Menanggapi hal tersebut, Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat penyampaiannya menginginkan kepada pemimpin baik dari Kementrian, Lembaga, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten dan Kota serta leading sektor tidak ada lagi yang membedakan data kemiskinan.

"Melalui rakornas ini tidak ada lagi perbedaan data Kemiskinan antara Pusat dan Daerah," sebut Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat membuka Rakornas.

Kegiatan tersebut juga dihadiri sebanyak 689 peserta dari 189 Kabupaten dari 12 Provinsi wilayah Barat yang teridiri Ketua TKPK, Kepala Dinas Sosial, Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Wakil Walikota. 

Sementara itu kehadiran Wakil Bupati H.Rosman Malomo, juga disertakan Ketua TKPK Kabupaten Inhil yang di dampingi Saiful Kelana, KABID Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Inhil.

Usai melaksanakan Rakoor, pada Kamis malam (11/2/2016) kemudian, dilanjutkan dengan penutupan rakoornas yang tutup Dirjen Kementrian Sosial RI Bidang perlindungan dan jaminan sosial Dr.Ir.Raden Hari Hikmat yang di rangkai dengan penandatanganan berita cara kesepatakan Data kemiskinan Antara Kementrian Sosial RI dengan Pejabat yang mewakili Kabupaten Kota wilayah Barat. (Adv)