REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Setelah melalui pembahasan yang alot, akhirnya, rapat pleno yang digelar oleh organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Rabu (27/1/2016) menghasilkan beberapa poin penting untuk menentukan arah dan tujuan serta ketentuan kedepan organisasi KNPI Inhil kedepannya.

Pada acara rapat pleno yang berlangsung selama satu hari di Hotel Dubest Tembilahan itu juga dimanfaatkan untuk pembentukan koordinator kecamatan (Korcam), guna mengkoordinir serta menuntun pemuda kecamatan untuk melaksanakan Musyawarah Kecamatan (Muscam) nantinya.

Dari 20 Kecamatan yang akan melaksanakan Muscam di bagi menjadi 6 Dapil, Dapil 1 Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu, Tempuling, Kempas, Dapil 2 Gaung, Gas, Batang Tuaka, Dapil 3 Mandah, Pelangiran, Dapil 4 Pulau Burung, Guntung, Belengkong, Dapil 5 Tanah Merah, Concong, Kuindra, Enok, Dapil 6 Sungai Batang, Reteh, Kritang, danĀ  Kemuning.

Kepada redaksiriau.co, Ketua DPD KNPI Indragiri Hilir, Hidayat Hamid, menjelaskan tentangĀ  sistem dan pola yang akan di terapkan di kecamatan dalam agenda musyawarah kecamatan tersebut nantinya.

"Dimasing-masing Dapil memiliki tiga orang, yang ditunjuk dan dipercaya menjadi korcam, untuk mengkoordinir kegiatan musyawarah kecamatan," ujarnya, Kamis (27/1/2016).

Ketua DPD KNPI Indragiri Hilir ini juga menegaskan, kegiatan musyawarah kecamatan ini harus terlaksana selama 1 bulan terhitung dari terbentuknya Korcam.

"Dari 20 kecamatan, ada 6 kecamatan yang SK-nya masih berlaku, tapi tetap kami himbau segera melaksanakan Muscam, dan 14 Kecamatan lainnya sudah bersifat harus segera melaksanakan Muscam, karna kepengurusannya sudah tidak berlaku lagi atau sudah limit SK," ungkapnya.

Yang lebih penting lagi adalah, lanjut pria yang akrab disapa Dayat ini, Korcam yang kami pilih adalah mereka yang mengerti dengan lokasi dan bisa bertugas dengan tupoksinya serta bisa bekerjasama dan berkoordinasi dengan pemuda setempat.

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk menjadi ketua KNPI Kecamatan, para calon memang harus bersaing dengan calon lainnya yang juga ikut dalam pemilihan tersebut, tidak ada wewenang Ketua DPD KNPI Kabupaten untuk menentukan siapa yang layak untuk menjabat sebagai Ketua KNPI Kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada.

"Itu bukan hak prioritas dan wewenang saya untuk menentukan, karna keputusan tertinggi untuk di Kecamatan adalah Muscam, disanalah terbentuk dan dikemasnya, sudah di atur semua dalam pleno, jadi saya hanya ucapkan selamat bertugas bagi korcam dan selamat berkompetisi bagi pemuda yang ingin menjadi Ketua KNPI di Kecamatan," beber Hidayat Hamid.