REDAKSIRIAU.CO, LHOKSEUMAWE - Sebanyak lima partai yaitu Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Aceh (PNA), Partai Demokrat dan Partai Golkar membentuk Koalisi Aceh Utara Baru untuk menghadapi Pilkada Aceh 2017.

Koalisi ini akan mengusung calon bupati/wakil bupati untuk Kabupaten Aceh Utara. “Kami telah mengantongi beberapa nama dan masuk penyaringan bursa pencalonan bakal calon Bupati Aceh Utara pada tahun 2017 mendatang,” ujar Ketua DPD Nasdem Aceh Utara Muttaqin kepada Kompas.com, Senin (7/12/2015).

Menurut dia, koalisi mencari bakal calon bupati/wakil bupati Aceh Utara dari berbagai kalangan, termasuk mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), akademisi, birokrat, pengusaha dan politisi yang merupakan warga Aceh Utara.

Salah satu kriteria yang menjadi perhatian koalisi adalah elektabilitas calon, serta rekam jejak calon selama ini.

Terkait pencarian bakal calon ini, koalisi akan menggandeng lembaga survei untuk mengukur elektabilitas.

“Koalisi Aceh Utara Baru ini tidak sembarangan mengusulkan kandidat. Namun terbuka dan siapa saja boleh mendaftar, diharapkan bagi masyarakat jika ada tokoh-tokoh yang mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membangun Aceh utara ke depan bisa mendaftar,” ujar Muttaqin.