REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih secara baik dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

Dia ingin pilkada serentak yang pertama kalinya ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

"Ini pengalaman pertama. Saya berharap seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif, mengunakan hak pilih di 269 daerah, untuk memilih pemimpin-pemimpin Indonesia," ucap Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti untuk memantau dan memastikan pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik.

Ia ingin pilkada serentak berjalan tertib dan perbedaan pendapat mengenai hasil penghitungan suara dapat diselesaikan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Saya imbau semua pihak tetap tertib, sejuk, ini kegembiraan politik. Yang menang jangan jumawa, yang kalah tidak usah kecewa dan mengamuk," ucap Presiden.

Pilkada serentak 9 Desember 2015 digelar di 269 kabupaten/kota dan provinsi. Pemerintah menetapkan hari itu sebagai hari libur nasional.