REDAKSIRIAU.CO ROHIL - Untuk terus memupuk dan mempererat tali silaturahmi antara masyarakat petani dan pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) beserta para jajarannya, Assosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Rohil dan Himpunan Kerukunan Petani Perkebunan (HKP2) Rohil menggelar acara buka bersama.

Acara yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Bintang Mulia Hotel, Jum’at 10/7 petang, dihadiri langsung oleh Bupati Rohil, H Soeyatno Amp, beserta kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terdapat di lingkungan Pemkab Rohil, dan seluruh masyarakat perani yang tergabung dalam wadah tersebut.

Pada kesempatan itu, Soeyatno mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para panitia penyelenggara yang karenanya menurut dia, dirinya dapat bertemu kembali kepada masyarakat yang terdapat di Kecamatan Bagan Sinembah dan sekitarnya. “Saya sangat berterima kasih kepada Apkasindo dan HKP2 yang telah mengundang saya didalam acara ini. Karena, dengan adanya acara ini, kita dapat bertemu kembali,” katanya.

Selain daripada itu kata Bupati lagi, dirinya juga meminta masyarakat petani perkebunan dan masyarakat lainnya untuk tidak membuka lahan baru dengan melakukan pembakaran sabagai  pemanfaatan musim kemarau di Bulan Puasa ini. Hal itu di pintanya agar masyarakat tidak berhubungan dengan sanksi hukuman yang sudah ditetapkan bagi yang membakar hutan dan lahan.

“Itu kita minta supaya tidak seperti para pelaku yang sudah di tangkap oleh pihak kepolisian resor Rokan Hilir bebearapa waktu lalu di kecamatan Tanah Putih, dan Palika. Dan kini mereka harus menempati rumah baru yakni di sel penjara. Jadi sekali lagi jangan melakukan hal semacam itu, karena itu juga mengancam kesehatan orang banyak yang khususnya anak dan balita,” ujarnya.

Memang diakuinya, api yang kini sedang dalam penanganan pihaknya yang melibatkan Polri dan TNI yang terjadi di salah satu Desa yang terdapat di Kecamatan Palika. “Makanya, kita harus jaga betul supaya tidak terjadi karhutla. Karena, jangan sampai terjadi seperti yang di Palika,” terangnya.

Pada keaempatan yang sama, pihak Apkasindo dan HKP2 Rohil, menyantuni anak anak yatim piatu. Yang mana penyantunan itu, panitia memberikan mandat kepada Bupati untuk memberikan secara simbolis kepada salah satu perwakilan dari pengurus yayasan yang menampung anak anak yatim itu sembari menunggu buka puasa dan diteruskan dengan sholat magrib berjemaah.

 

 

Adv