REDAKSIRIAU.CO TEMBILAHAN - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP Dan PA) dan Bupati Inhil menandatangani kesepakatan (MoU) mewujudkan kabupaten layak anak.

Kegiatan penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Inhil, Rabu (18/11) yang juga dihadiri pejabat dari unsur Forkopimda Inhil.

Bupati HM Wardan berharap program untuk mewujudkan kabupaten layak anak itu mendapat dukungan semua lapisan masyarakat.

"Untuk mewujudkan suatu kabupaten layak anak, harus membutuhkan kerja dan kinerja semua pihak, tidak hanya pemerintah, tapi juga pihak pengusaha, dan masyarakat harus bersinergi," Ungkapnya.

Selain itu jelasnya, pelaksanaan program harus dimulai dari bawah, desa layak anak, kecamatan layak anak, hingga kabupaten layak anak. 

"Penandatangan kesepakatan untuk mewujudkan ini baru langkah awal dan harapan saya, tidak hanya dengan seremonial, melainkan harus dibuktikan dengan program kongkrit dari dinas dan dunia usaha harus bisa memiliki target secara detail, mewujudkan kabupaten layak anak ini," tukasnya.

Sementara itu, Lenny N Rosalin, SE, MSc, MF In Deputi Menteri PP Dan PA Bidang Tumbuh Kembang Anak, mengapresiasi sambutan Kabupaten Inhil untuk mewujudkan program kabupaten layak itu.

"Sebagai langkah awal, kita sudah melihat komitmen yang tinggi menjadikan kabupaten layak anak oleh Inhil, mudah mudahan komitmen yang diwakili bupati ini bisa terwujud dengan baik, " Ujarnya.

Jelasnya lagi, mengenai berapa tahun target menjadikan sebuah kabupaten layak untuk anak diserahkan kepada kabupaten dan kementerian akan mengevaluasi dengan banyak indikator nantinya.