REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Sebanyak tiga orang warga di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau meninggal dunia akibat terserang wabah penyakit diare. Ketiga warga tersebut diketahui berasal dari Desa Tasik Raya, Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka dan warga Kecamatan Pelangiran.

Menurut keterangan yang didapat dari Dr Saut Pakpahan selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, dominan warga yang terkena penyakit yang disebabkan dari kuman EKOLI ini rata-rata di usia dewasa tua, umur sekitar 60-an dan Lanjut Usia (Lansia).

Untuk itu, sebagai upaya penanggulangannya, Dinkes Inhil telah bekerjasama dengan seluruh Puskesmas yang ada untuk memberikan obat kepada para penderita penyakit diare tersebut.

"Kami dari Dinkes Inhil telah memberikan obat terhadap warga untuk menanggulanginya," sebut Dr Saut Pakpahan saat ditemui redaksiriau.co diruang kerjanya, Selasa (3/11/2015).

Pada kesempatan yang sama, ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir agar senantiasa menjaga kebersihan, terutama dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi sehari-hari.

"Salah satu makanan yang bisa menimbulkan penyakit diare itu seperti daging yang telah lama di Ekstan, makanan itu bisa menimbulkan kuman-kuman jahat,"ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, minumlah air yang telah dimasak, serta gunakan juga air yang telah dimasak tersebut untuk mencuci peralatan makan, seperti piring, gelas dan sendok, karena dari peralatan tersebut juga termasuk pangkal penularan penyakit diare.

Selain itu ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk sesegera mungkin berobat atau merujuk ke Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terdekat jika mendapat keluhan penyakit.

"Jika ada keluhan maka segeralah berobat," celetuknya.

Untuk diketahui, wabah penyakit diare ini telah menyerang warga Inhil dalam beberapa bulan terakhir, penyakit yang disebabkan dari kuman EKOLI ini merupakan kuman yang terdapat dalam tubuh atau pencernaan manusia yang dalam jumlah tertentu kuman ini juga dibutuhkan tubuh, akan tetapi bila berlebihan maka akan bisa menyebabkan penyakit.