REDAKSIRIU.CO, Jakarta - Majalah ArtReview mengulas tokoh-tokoh seni kontemporer yang berpengaruh di dunia. Mulai dari art dealer di Inggris sampai seniman kontroversial dan aktivis asal Tiongkok, Ai WeiWei. 


Art dealer dari Swiss, Iwan dan Manuela Wirth telah berada di posisi teratas selama beberapa tahun belakangan. Pusat galeri seni dan budaya yang didirikan mereka berada di Somerset, Inggris barat daya. Pasangan pecinta seni tersebut merenovasi sebuah rumah pertanian abad ke-15, taman dan memasang patung di sekitarnya. 

"Ada banyak orang yang melepaskan diri dari galeri konvensional tapi yang dilakukan pasangan ini berbeda. Mereka membangun galeri khusus untuk konten-konten seni berkualitas," ujar editor ArtReview, Mark Rappolt, dilansir dari Reuters, Kamis (22/10/2015). 

Sedangkan Ai WeiWei dipilih karena kiprahnya di dunia seni kontemporer. Serta karya-karyanya yang mempengaruhi seniman dunia di manapun. Baru tahun ini, Ai mendapatkan kembali pasportnya untuk bepergian ke luar negeri. 

Selama 4 tahun, ia dilarang ke luar negaranya dan sempat ditahan selama 81 hari tanpa ada proses hukum pengadilan. "Ia menunjukkan bahwa seni bisa menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar kata cantik," ujar Rappolt. 

Selain keduanya, masih ada sederet nama lainnya yang mengisi daftar teratas versi ArtReview. Siapa saja? Berikut 10 daftar teratas: 

1. Iwan & Manuela Wirth
2. Ai Weiwei
3. David Zwirner
4. Hans Ulrich Obrist & Julia Peyton-Jones
5. Nicholas Serota
6. Larry Gagosian
7. Glenn D. Lowry
8. Marina Abramovi?. Adam D. Weinberg
10. Carolyn Christov-Bakargiev 

 

Sumber : detik.com