REDAKSIRIAU.CO TEMBILAHAN - Seluruh Jemaah Haji (JH) Rokan Hilir (306 jemaah, red) dinyatakan terbebas dari virus Mers-CoV. Kepastian itu, ditandai dengan tidak ada satupun JH yang diisolasi saat melewati Termo Scanner yang disiapkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai untuk memantau suhu badan saat datang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil, Agustiar, S.Ag sesaat sebelum JH Rohil bertolak dari Dumai menuju Rohil, Selasa (6/10/15) menyatakan, sampai saat itu, pihaknya belum ada mendapat laporan JH Rohil yang diisolasi, dengan demikian, bebas dari Virus Mers-CoV.

Sebelum kedatangan JH, Azwar, Kasubag TU KKP kelas III Dumai menjelaskan, pihaknya telah menyediakan alat Termo Scanner, kegunaanya untuk memantau suhu badan JH.

"Termo scanner, kegunaannya untuk memantau suhu badan jemaah haji nanti. Kalau nanti jemaah haji suhu badannya 38 (38 derjat celcius, red), kami dari petugas KKP Dumai mengisolasikan. Selanjutnya kami rujuk ke rumah sakit. Kalaupun dirawat, dirawat disitu," katanya.

Namun jika tidak ada JH yang suhu badanya 38 derjat celcius tersebut, berarti JH tidak ada gejala-gejala Mers-CoV, sehingga mereka bisa dipulangkan.