REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau diminta mengalokasikan bantuan beasiswa maupun bantuan asrama untuk mahasiswa Al Azhar Cairo Mesir asal Riau. Pasalnya, bukan saja karena jumlah mahasiswa Riau disana banyak, tetapi juga melahirkan alim ulama.

“Mahasiswa yang kuliah disana bukan orang berkecukupan, banyak yang tidak mampu. Sebagian kecil mereka yang mendapat beasiswa, pendidikan mereka disana memang gratis sppnya, tetapi mereka butuh untuk kehidupan sehari – hari, penunjang kuliah, tempat tinggal dan sebagainya,” ujar Sofyan Siroj Anggota DPRD Riau Fraksi PKS kepada pers, Kamis (18/11/2021).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus hadir dalam hal ini karena mahasisswa Riau yang kuliah di Mesir kembali membangun negeri melayu ini. Sampai saat ini, mereka (alumni) banyak yang menjadi alim ulama, tenaga pendidik, birokrat, pengusaha dan di berbagai aspek kehidupan masyarakat bumi melayu.

Jadi sudah seharusnya, terang Sofyan Siroj yang juga lulusan Al Azhar Cairo ini, pemerintah hadir dengan memberikan beasiswa maupun bantuan asrama bagi mahasiswa Riau yang mengenyam pendidikan disana. Apalagi hampir tiap provinsi lain di Indonesia telah mengalokasikan bantuan untuk pembangunan Asrama Provinsinya sendiri bagi mahasiswanya yang kuliah di Mesir, tetapi Riau belum. Padahal mahasiswa Riau yg kuliah di Cairo pada tahun 1991 sudah mengusulkan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa dari Riau, masih belum terwujud hingga kini.

 

Bahkan, dana pembangunan Sekretariat mahasiswa Riau di Cairo yang terkumpul melalui Yayasan Alumni Al Azhar Riau sekitar 4 miliar seutuhnya murni berasal dari dana masyarakat. “Itu dana masyarakat, sekarang mana pemerintah kita? Mana pemimpin kita? Pemimpin kita harus hadir. Bantu mahasiswa kita disana, bantu Sekretariat Riau yang belum selesai ini,” ungkap Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar periode 2016 – 2019.

“Jadi tolonglah rencanakan bantuan beasiswa untuk mahasiswa Riau yang kuliah di Al Azhar. Tahun 2022 ini mereka sudah harus dibantu. Kedua, beri bantuan untuk memperbaiki dan melengkapi Sekretariat yang 30 persen lagi belum selesai. Mereka juga akan kembali ke Riau untuk membangun negeri melayu ini. Pemerintah harus hadir,” sebut Sofyan Siroj yang juga ketua Pembina Yayasan Alumni Al Azhar Riau.

Sofyan Siroj kembali menegaskan, mahasiswa Riau yang kuliah di Universitas Al Azhar Cairo merupakan universitas tempat lumbung ulama. Sebagian besar ulama yang ada di dunia maupun di universitas – universitas, berasal dari Al Azhar.

“Coba lihat di Riau, banyak ulama kita dari sana. Mereka ikut membangun negeri ini. Kita tahu, bahwa Moderasi Islam itu Al Azhar. Jadi, tolong bantu mahasiswa Riau yang di Mesir sekarang,” tegas Sofyan Siroj dari Fraksi PKS. 

bertuahpos.com