REDAKSIRIAU.CO.ID  PEKANBARU — Kota Pekanbaru paling mendominasi dalam angka kasus kematian akibat Covid-19 di Provinsi Riau sepanjang pandemi. Hal ini berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, per 28 Oktober 2021.

Menurut data tersebut, total angka kasus kematian di Pekanbaru akibat Covid-19 berjumlah 1.273 kasus dari total jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 51.714. Namun secara persentase, hanya 2,5%. 

“Persentasenya memang lebih kecil karena angka kasus terkonfirmasi juga sangat tinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Jumat, 29 Oktober 2021.

Selanjutnya, masih menurut data tersebut, daerah kedua yang mendominasi angka kematian akibat Covid-19 di Provinsi Riau, yakni terdapat di Kabupaten Bengkalis.

 

Sumber Data: Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

 

Dijelaskan, selama pandemi berlangsung setidaknya tercatat sebanyak 407 orang meninggal akibat corona di daerah tersebut dari total kasus terkonfirmasi sebanyak 8.897. Dengan demikian secara persentase sebesar 4.5%.

Adapun daerah paling sedikit angka kasus kematian akibat corona terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurut data itu, total angka kasus kematian di daerah ini sebanyak 75 kasus dari total jumlah kasus terkonfirmasi 2003 kasus (3,7%).

Dari data tersebut, angka kematian tertinggi akibat Covid-19 dialami oleh orang dengan usia di atas 60 tahun. Mengingat usia tersebut memang paling rentan kematian jika terpapar Covid-19. Dijelaskan, total jumlah kasus kematian pada usia 60 tahun ke atas sebanyak 1.658 kasus.

Mimi menambahkan, Pemprov terus mendorong kepada pemerintah daerah untuk melakukan upaya penanganan dan pencegahan semaksimal mungkin. “Terutama dalam hal mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu patuh pada protokol kesehatan,” kata Mimi.

Selain itu upaya percepatan capaian vaksinasi juga harus tetap menjadi fokus utama, terutama untuk mengejar target capaian vaksinasi sesuai dengan ketentuan pemerintah. (betuahpos)