REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Sahabat Bertuahpos, hari ini, Sabtu, 4 September 2021 adalah Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas). Dikutip dari laman hari pelanggan, Handi Irawan adalah pencetus hari pelanggan nasional pada tahun 2003, di masa Presiden Megawati Sorekarnoputri.

Handi Irawan adalah seorang pengusaha asal Solo, Jawa Tengah. Gagasan Handi diterima Megawati karena momentumnya ketika itu bertepatan dengan mulai diimplementasikannya UU Nomor 8 Tahun 1999 secara luas di masyarakat.

Saat awal perayaan Hari Pelanggan Nasional dirayakan, para perusahaan swasta dan BUMN menyambutnya dengan antusias. Bahkan, para CEO perusahaan turun langsung ikut berkeringat melayani pelanggan di lapangan. 

Saat Presiden Megawati membuka perayaan Hapelnas pertama kalinya, ada sekitar 200 direktur utama dari berbagai perusahaan. Di mana saat itu Hapelnas sudah dirayakan oleh lebih dari 500 perusahaan.

 

Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan.

Handi mencetuskan Hapelnas untuk memompa semangat dan pelayanan perusahaan demi memuaskan pelanggan. (betuahpos