REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Komunitas Pekanbaru Berdaya — sebuah komunitas yang bergerak dalam kegiatan edukasi entrepreneurship — berharap besar agar pemerintah tidak memberlakukan perpanjangan PPKM leveling di Pekanbaru.

Seperti diketahui, bahwa PPKM Level 4 akan berakhir pada Senin besok, 23 Agustus 2021. Hingga kini belum diketahui apakah kebijakan tersebut akan kembali diperpanjang.

Ketua Komunitas Pekanbaru Berdaya M. Sabarudi mengatakan UMKM di Kota Pekanbaru sangat berharap PPKM tidak diperpanjang. Dari hasil kunjungannya ke beberapa tempat pelaku UMKM, ada banyak dari mereka menjerit karena penerapan PPKM sangat berdampak terhadap usaha dan ekonomi keluarga mereka.

“Bukan hanya membatasi gerak pelaku usaha saja, tapi gerak pelanggan juga terbatas sehingga terjadinya penurunan omzet,” katanya dalam sebuah dialog dengan Bertuahpos.com dikutip Minggu, 22 Agustus 2021.

 

Selain itu Sabarudi juga membeberkan beberapa pelaku usaha yang biasanya berjualan di dalam pusat perbelanjaan sekarang terpaksa harus meneruskan usahanya di pinggir jalan karena pusat perbelanjaan yang ditutup. “Itu juga belum tentu mendapatkan keuntungan,” katanya.

Dia menuturkan, selama pemberlakukan PPKM di Pekanbaru, omzet para pelaku usaha mengalami penurunan drastis karena konsumen tidak bisa mencapai lokasi usaha mereka akibat penyekatan jalan.

Sabarudi mengungkapkan, hampir semua pelaku usaha yang ditemuinya mengeluh dengan diberlakukannya PPKM di Pekanbaru, dan meminta agar PPKM tidak diperpanjang. “Masalah ekonomi ini adalah masalah orang bertahan hidup, kalau ekonomi tidak berjalan bisa jadi hidup juga tidak bisa bertahan,” tutupnya. (Betuahpos)