RECDAKSIRIAU.CO.ID PEKANBARU — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dokter Indra Yovi mengklarifikasi terkait beredarnya isu kejadian fatal usai di vaksin. Kabar ini sempat mencuat di Riau beberapa minggu belakangan.

 

“Kami sampaikan terkait hoax vaksin, di Riau sejauh ini tidak pernah ada kejadian fatal yang dialami masyarakat usai divaksin. Tapi kalau kejadian yang bersifat ringan memang ada,” katanya belum lama ini.

Dia menambahkan, informasi soal kejadian fatal pascavaksinasi di Riau sejauh ini belum dapat dipertanggungjawabkan. Mengingat bukti – bukti yang disampaikan masih diragukan kebenarannya.

 

Meski demikian, dia tidak menafikkan nya kasus kejadian ringan pascavaksinasi yang dialami oleh masyarakat. Dia mengungkapkan bahwa setiap kejadian ringan pascavaksinasi tersebut adalah hal wajar sebagai bentuk respon tubuh setelah disuntikkan vaksin.

Dia pun menegaskan bahwa vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka penyebaran kasus covid-19. Dengan demikian, masyarakat diminta untuk tidak semata – mata mengandalkan vaksin. 

“Bagaimanapun protokol kesehatan masih yang utama dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. Oleh sebab itu, kamu mengimbau meski masyarakat sudah divaksin, tetap harus patuh pada disiplin protokol kesehatan,” tambahnya. (betuahpos)