REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan memastikan ada 1,621 unit bantuan rumah layak huni pada tahun 2021 ini. Anggarannya, kata Parisman, sudah disiapkan di APBD Riau 2021.

Menurut Parisman, bantuan rumah layak huni ini tersebar di 12 kabupaten/kota. Anggaran untuk setiap rumah berbeda untuk setiap daerah, berkisar dari Rp60 hingga Rp70 juta per unit.

“Kalau rehab, itu mungkin Rp20 juta. Tapi kalau rumah layak huni, jadi pembangunan total. Anggarannya bervariasi, ada Rp60 juta, Rp65 juta, Rp70 juta, tergantung daerah. Di Indragiri Hilir (Inhil) Rp70 juta,” kata Parisman, Senin 12 Juli 2021.

Bervariasinya anggaran ini, kata Parisman, disebabkan berbedanya jarak dan lokasi pembangunan. Kemudian, adanya perbedaan harga bahan di setiap daerah.

“Verifikasi sudah selesai, orang-orang yang layak menerima sudah ada, sudah terdaftar, verifikasi sudah dilakukan, sudah survei ke titik-titik yang telah ditentukan. Dan memang, (rumah penerima bantuan) sudah layak diganti dari rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni,” pungkas dia.

Ditegaskan Parisman, bantuan ini adalah bantuan rumah baru, dan bukan merehab yang sudah ada.

“Bukan rumah rehab, tapi harus rumah layak huni, sesuai anggaran yang telah kita sediakan,” tambah dia. (betuahpos