REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Lebih dari 50 pemimpin dunia yang terdiri atas perdana menteri, menteri luar negeri, dan pejabat lembaga internasional telah menandatangani dukungan kepada Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk mengusut kejahatan perang Israel.

Diantara tokoh yang menandatangan tersebut, ada nama mantan Sekretaris Jenderal, Nato Javier Solana, dan mantan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional, Hans Blix.

Advertisement

 

 

Selain mendukung ICC untuk mengusut kejahatan perang Israel, para tokoh dunia ini juga mengkritik tindakan sekutu Israel seperti Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang menghalang-halangi penyelidikan ICC.

“Kami menyaksikan dengan sangat khawatir perintah eksekutif yang dikeluarkan mantan Presiden AS Donald Trump dan sanksi-sanksi yang ditetapkan terhadap staf ICC dan keluarga mereka,” bunyi pernyataan para tokoh tersebut, dikutip dari republika.co.id, Kamis 3 Juni 2021.

BACA JUGA:  Kemlu: Indonesia Tak Ada Kompromi Soal Kemerdekaan Palestina

Baca: Berikut Daftar Nama Calon Seleksi Komisaris Utama dan Direksi Bank Riau Kepri

Para tokoh ini juga mengkhawatirkan serangan dan kritik tak mendasar kepada ICC setelah lembaga tersebut mengusut kejahatan perang Israel. Salah satunya adalah serangan yang menyebutkan ICC anti Semit.

“Kini yang sangat mengkhawatirkan kritik tak beralasan publik ke ICC mengenai penyelidikan atas tuduhan kejahatan yang dilakukan di wilayah pendudukan Palestina, termasuk tuduhan anti-Semit yang tanpa dasar,” tambah mereka. (bpc4)

Betuahpos