REDAKSIRIAU.CO.ID, BENGKALIS – PKB akhirnya berbalik arah dan memberikan dukungan kepada pasangan Kaderismanto-Sri Barat (Iyeth Bustami) di Pilkada Bengkalis.

Pemberian surat dukungan ini dilakukan di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta hari ini, Senin 17 Agustus 2020.

Tim Desk Pilkada DPP PKB, Ahmad Iman dalam keterangan persnya menyatakan dukungan ini diberikan karena Iyeth Bustami adalah kader PKB tulen. Karena itu, PKB memberikan dukungan kepada Iyeth.

“Dukungan kepada Kasmarni-Bagus Santoso yang dulu kita berikan, itu karena belum ada kader PKB yang maju. Sekarang, ada kader maju, kita dukung,” terang Ahmad.

Dengan diberikannya surat dukungan kepada Kaderismanto-Sri Barat (Iyeth Bustami), maka PKB juga menerbitkan surat keputusan yang mencabut dukungan kepada Kasmarni-Bagus Santoso.

Kini, pasangan Kaderismanto-Sri Barat sudah mendapatkan 9 kursi di DPRD Bengkalis. 6 kursi dari PDIP, dan 3 kursi dari PKB.

Artis Membuat Kerja Mesin Partai Lebih Ringan

Pengamat komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Riau, Jupendri mengatakan pencalonan artis Iyeth Bustami di Pilkada Bengkalis bisa membuat kerja mesin partai lebih mudah.

Dijelaskan Jupendri, karena seorang artis, apalagi artis ibukota, Sri Barat atau Iyeth Bustami sudah dikenal oleh masyarakat.

“Walaupun butuh kajian akademis soal keterkenalan ini, namun sebagai seorang artis, dia tentu terkenal,” kata Jupendri.

Karena faktor terkenal tersebut, lanjut Jupendri, kerja mesin partai pengusung relatif lebih ringan. Tidak seperti calon lain yang perlu dikenalkan atau sosialisai ke masyarakat, partai kini hanya perlu menaikkan elektabilitas Iyeth Bustami.

“Karena dia sudah terkenal, kerja mesin partai jadi lebih mudah. Partai hanya perlu menaikkan elektabilitas,” papar Jupendri. 

Bertuahpos.com