REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU —Banyak yang tidak tahu manfaat buah delima untuk ibu hamil. Buah delima Adalah Buah ini merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah. Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Buah delima juga mempunyai kandungan seperti alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan juga pati yang terdapat dalam kulit buah delima.

Selain itu, buah delima juga mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, tanin dan juga kalium.

Nah, mengutip dari alodokter, buah delima memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah delima bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Karena di buah delima terdapat kandungan vitamin C, dan antioksidan pada buah ini tinggi. Bahkan 3 kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Buah delima juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ibu hamil lebih rentan untuk mengalami masalah ini. Padahal, kesehatan gigi dan gusi selama kehamilan penting untuk dijaga.

3. Menurunkan tekanan darah

Buah delima bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Masalah ini sering terjadi pada ibu hamil, yang bisa berakibat fatal bagi janin yang dindungnya. Kandungan kalium yang terdapat pada buah delima mampu membantu menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah cacat lahir

Kandungan antioksidan pada buah delima berperan dalam mencegah cacat lahir pada bayi. Tak hanya itu, buah ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat penting dalam pertumbuhan mendukung tumbuh kembang janin.

 

Bertuahpos