REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Riau Dr Indra Yovi masih enggan menyimpulkan bahwa PSBB di Riau berhasil dengan menurunnya kasus positif COVID-19 di Riau.

“Apakah kondisi ini membuktikan bahwa PSBB berhasil? Tentu secara ilmiah belum bisa dijawab karena harus dilihat dulu aspek dan indikator mana yang memberikan andil terhadap kondisi di Riau saat ini,” ujarnya.

Secara realitas, kata dr Indra Yovi, memang angka penurunan kasus positif COVID-19 di Riau sangat signifikan. Tidak ada transmisi lokal yang baru, tidak ada klaster-klaster baru dalam penyebaran virus di Riau, dan ini memang patut untuk disyukuri.

“Namun kalau dilihat dari ketaatan terhadap disipilin protokol kesehatan memang masih jauh. Warga-warga di Riau masih banyak sekali yang belum patuh pada protokol kesehatan. Tapi faktanya memang setelah PSBB kondisinya membaik,” jelasnya.

“Oleh sebab itu di masa-masa seperti ini kami tidak akan berhenti menyerukan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak serta menghindari kerumunan,".

 

Sumber : bertuahpos.com