REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Ketua DPD PDIP Riau, Zukri Misran mengkhawatirkan tingkat partisipasi masyarakat akan menurun jika menggelar Pilkada di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menurutnya, Pilkada yang digelar di masa normal saja tingkat partisipasi masyarakat sudah rendah apalagi jika digelar pada saat pandemi ini.

“Sedangkan pilkada normal saja partisipasi kita rendah, apalagi saat pandemi begini,” katanya seperti dilansir dilaman bertuahpos.com.

Kendati demikian, Zukri mengaku tetap akan mendukung kebijakan pemerintah soal keputusan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini, hanya saja, menurut Zukri, pelaksanaannya memang harus didahului dengan kajian-kajian yang matang.

“Apapun keputusan pemerintah, kita tentu mendukung. Tapi tentu dengan kajian-kajian yang baik,” kata Zukri.

Selain itu, Zukri mengungkapkan dirinya khawatir masyarakat bersikap tidak mau tahu dengan Pilkada. Apalagi, jika kampanye dilakukan secara online (daring), maka akan sulit menjangkau daerah-daerah yang tidak memiliki koneksi jaringan internet yang baik.

“Kalau di daerah terpencil, daerah sulit, dipakai metode kampanye daring menggunakan teknologi, ini akan sulit. Bagaimana calon-calon akan menyampaikan visi misi dan programnya,” lanjut Zukri.

Ia juga berharap agar apa yang menjadi keputusan pemerintah nantinya akan menjadi kebijakan yang terbaik pula.

“Tapi, apapun itu, mudah-mudahan ini yang terbaik,”pungkasnya.