REDAKSIRIAU.CO.ID ROKAN HULU,  ? Bupati Rokan Hulu ( Rohul) H.Sukiman membuka acara Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2018, yang dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Rokan hulu, Kamis (20/12/2018) yang diikuti ratusan anak PUAD Beserta Para Orang Tua Didik.

 

Dalam Acara Gebyar PAUD 2018, Bupati Rohul H.Sukiman bersama Bunda PAUD Rohul Hj Peni Herwati, Juga turut hadir Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Riau, UPT Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI Akhyar S.Pd.M.Pd, Kasi Program Ida Ariati.S.Pd, Pamong Pelajar, Wakil HIMPAUDI Riau HS.Dinawati.S.Ag.MM, Forkompinda Rohul.

 

Selain itu, kegiatan juga dihadiri seluruh kepala dinas, badan dan kantor, Camar, Kades, Lurah, Bunda PAUD kecamatan, desa, kelurahan se-Rohul, dan dihadiri para kepala TK termasuk pengelola PAUD serta tenaga pengajar 1.633 orang se-Rohul.

 

Suasana Gebyar PAUD tingkat Rohul 2018, juga bertambah meriah dengan hadirinya pendongeng nasional Kak Agus, juga digelar lomba parenting melibatkan 2500 anak PAUD serta 2500 orang tua didik.

 

Bupati Rohul, H Sukiman dalam amanatnya di Gebyar PAUD tingkat Rohul 2018 dengan tema ?Orang Tua Hebat Orang Tua Terlibat? mengatakan, melalui kegiatan yang dilaksanakan diharapkan kedepannya anak merupakan investasi dunia akhirat titipan Allah.

 

?Sehingga, orang tua harus menjaga anaknya serta dididik dengan baik. Anak akan meniru tingkah laku orang tua apabila orang tua berprilaku baik dan hebat, maka anak akan meniru baik dan hebat pula,? tegas Bupati.

 

Bupati juga menyatakan, saat ini di Rohul ada 441 PAUD. Pemkab Rohul akan terus menyiapkan, tingkatkan perkembangan baik secara fisik maupun mental serta pengetahuan. Sehingga, melalui PAUD mari siapkan masa depan anak yang cerah, ceria, sehat dan cemerlang.

 

"Sesuai dengan tema kali ini, orang tua harus berperan aktif bagi tumbuh kembang anak, karena pengaruh orang tua sangat penting," ajak Bupati Sukiman.

 

?Sehingga sebagai orang tua kita memiliki quality tim bagi keluarga dan menjadi curhat bagi anak-anaknya. Sehingga berharap, pada insan pendidikan juga harus berkomitmen tinggi dalam menjalankan fungsi pendidikan dan perlindungan bagi setiap anak,? pungkas Bupati.

 

Sementara itu, dikatakan Bunda PAUD Rohul Hj Peni Herawati, untuk menciptakan anak jenius lebih gesit, hebat, empati, berani, unggul dan sehat maka orang tua menjadi sangat penting melibatkan diri, pada satuan PAUD melalui kegiatan petenting PAUD. Hal itu, untuk mewujudkan PAUD holistik dan integrativ atau PAUD berkualitas.

 

?kemudian, dengan pemenuhan hak dasar maka anak berhak mendapatkan pendidikan, kesehatan, perawatan gizi, perlindungan, pengasuhan serta hak kesejahteraan. Karena orang tua merupakan sebagai pendidik pertama dan utama,? kata Peni Herawati.

 

?Dari laporan dinas pendidikan, saat ini sudah dilakukan usaha melibatkan orang tua yakni pada hari pertama masuk sekolah, juga sudah dilaksanakan seminar orang tua di satuan pendidikan, termasuk pentas akhir tahun juga kegiatan perenting seperti saat ini,? ungkap Peni Herawati lagi.

 

Peni Herwati juga berharap, melalui gebyar PAUD dengan melibatkan orang tua menjadi motifator bagi semuanya. Sehingga menjadikan anak-anak Rohul tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas, pintar dan berakhlak mulia.

 

Di akhir kegiatan, Kak Agus bersama bonekanya, menghibur ribuan anak PAUD dengan bernyanyi, mendongeng serta bercerita tengang anak. Kemudian Bupati, Bunda PAUD juga pejabat yang hadir, langsung melihat anak-anak yang ikut lomba mewarnai di tenda yang sudah disiapkan panitia.

Betuahpos