REDAKSIRIAU.CO.ID Khalid dan temannya mencoba mengintervensi para tentara yang memperkosa kedua perempuan itu dengan meneriakkan "pergi, pergi". Para personel bersenjata, bagian dari Pasukan Gerak Cepat Sudan (RSF), yang dikenal bernama Janjaweed, merespons dengan menembaki mereka.

Ketika mereka berhasil mendekat, para tentara telah melarikan diri. Di lokasi tersebut, Khalid menemukan dua perempuan yang putus asa.

"Gadis-gadis itu tidak mengatakan apa-apa. Mereka hanya menangis dan menjerit, menangis dan menjerit, menangis dan menjerit. Aku berusaha menenangkan mereka," kata Khalid.

"Aku mencoba membuat mereka merasa lebih baik, tetapi mereka tidak berhenti berteriak."

Mereka memutuskan untuk membawa para perempuan itu ke sebuah masjid di mana mereka akan lebih aman dan dirawat --dan dua pria kemudian mencoba untuk melihat apakah mereka dapat melarikan diri dari daerah itu, di mana letupan gas air mata dan penembakan berlanjut.

Ketika mereka meninggalkan masjid, Khalid ditangkap oleh sekelompok Janjaweed dan akhirnya menemukan dirinya berhadapan dengan salah satu dari enam orang yang sebelumnya telah memperkosa para wanita.

"Dia mendorongku ke lantai dan mengeluarkan sepotong baja panjang," kata Khalid, menjelaskan bahwa dia kembali ke gedung tempat perkosaan lain terjadi, di kantor lantai atas.

"Mereka mencoba membuka pakaian saya dan mencoba memperkosa saya. Saya berteriak-teriak di sekitar untuk membuat siapa pun datang.

"Setelah tiga atau empat menit, tembakan mulai terjadi di bawah kita. Mereka melihat-lihat kantor dan berkata, 'Lebih baik kita keluar.'"

Khalid lalu memanfaatkan kesempatan untuk berlari dan berhasil melarikan diri meskipun dia dipukuli oleh Janjaweed beberapa kali dalam perjalanan pulang.