REDAKSIRIAU.CO.ID Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Rina Indiastuti terpilih menjadi Plt Rektor Unpad. Rina akan menjabat selama 6 bulan sambil menunggu pemilihan ulang rektor.

Meski menuai protes, serah terima jabatan dari rektor lama Tri Hanggono Achmad pada plt rektor digelar hari ini, Selasa (16/4/2019).

Serah terima jabatan ini dilakukan di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (16/4/2019) dan disaksikan oleh unsur pimpinan dan civitas akademika Unpad.

Usai sama-sama menandatangani surat keterangan serah terima jabatan, Tri dan Rina bertukar Cendramata lalu berfoto bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan silaturahmi dengan civitas akademika yang hadir dalam acara tersebut.

Sejumlah staf yang mengikuti prosesi pelepasan mantan rektor, menangis dan tidak kuasa menahan air matanya dengan memeluk Tri Hanggono.

 

Sekretaris Ditjen Kemahasiswaan Kemenristekdikti Jadi Plt Rektor UnpadFoto: Wisma Putra


"Perguruan tinggi tantangannya kompleks. Perguruan tinggi sudah tidak mendominasi lagi, karena saat ini harus banyak berinovasi dan melakukan berbagai cara dengan melakukan kerjasama dan sinergi dengan perguruan tinggi lain," katanya.

Menurutnya, civitas akademika harus semakin berkontribusi melihat tantangan yang ada.

"Saya yakin tantangan yang ada di depan akan dilalui dengan baik. Terimakasih atas penghargaan yang berharga ditengah tugas yang tidak ringan, menerima tugas tidak mudah dari Menristekdikti," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Rektor Unpad Rina Pidiastuti berharap ia dilantik mendapatkan dukungan dari civitas akademika Unpad dan mantan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad.

Tri akan mengemban tugas, maksimal enam bulan sebagai Plt Rektor Unpad. Menurutnya, penyelenggara pendidikan dan Tri Darma Perguruan Tinggi terus berjalan.

"Hasilnya, saya yakin lebih baik. Kegiatan Civitas dan Kemahasiswaan akan berjalan dengan baik," tandas Rini

Sekretaris Ditjen Kemahasiswaan Kemenristekdikti Jadi Plt Rektor UnpadFoto: Wisma Putra

Saat disinggung apakah ia mendapatkan pesan langsung dari Menristekdikti untuk menjadi Plt Rektor Unpad, ia mengaku hanya dititipi dua hal.

"Kalau melihat suratnya kan surat perintah, ada dua hal, satu penyelenggara Unpad harus berjalan dengan baik, tidak boleh oleng, pesannnya itu saja," jelasnya.


Sementara itu menyoal program, semua program sudah ada RKAT dan sudah diketahui. "Saya akan mengakselerasi kecapaian program dan output itu," imbuhnya.

Dirinya berharap, pada tahun 2020 mendatang Unpad menjadi perguruan tinggi masuk 500 perguruan tinggi terbaik di dunia. "Kita harus mencatatkan diri, targetnya 500 besar dunia tahun 2020," ujarnya.

Menurutnya, urutan Unpad ada di 500 sekian, mudah-mudahan sudah 500. "Kalau tahun Ini 500 berarti mudah, lima tahun berikutnya harus 300," katanya.

Sementara itu sebelumnya diberitakan, sejumlah dosen Unpad dari Fakultas Hukum akan melayangkan gugatan terkait penunjukan Plt Rektor yang dinilai salahi aturan. 

Detiknews