REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Tahukah Anda kurangnya waktu tidur khususnya di malam hari bisa membuat kita terkena penyakit jantung dan juga stroke?

Dilansir dari MediaSehat, tidur kurang dari 6 jam akan membuat kita terkena serangan jantung dan stroke lebih besar dari orang yang tidur cukup. Bahkan orang yang kurang tidur 50 persen lebih besar terserang penyakit jantung.

Lantas kenapa hal ini terjadi? Kurang tidur akan menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon, yakni ghrelin dan leptin. Dua horman inilah yang mengontrol selera makan.

Kurang tidur akan membuat hormon ghrelin dan leptin menjadi tidak seimbang. Hal ini yang membuat orang yang kurang tidur malam akan lebih banyak makan.

Banyak makan pada malam hari inilah yang membuat kita berisiko mengalami obesitas. Sehingga akan menimbulkan tekanan darah tinggi yang mengakibatkan datangnya penyakit jantung.

Nah bagi kamu yang tidak ingin terserang penyakit jantung ataupun stroke, dapat mencegahnya dengan tidur cukup pada malam hari. Seperti yang diketahui, normalnya kita disarankan untuk tidur 7 hingga 8 jam pada malam harinya.

Ada beberapa cara agar kamu bisa tidur dengan cepat pada malam hari, seperti tidak memaksakan bekerja hingga larut malam, dan berhenti memainkan handphone saat akan tidur. 

 

Sumber:bertuahpos.com