REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU - Tahun 2019, Pemerintah Provinsi Riau tetap akan membangun Rumah Layak Huni (RLH) yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki rumah layak di 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

"Program RLH ini sangat diminati oleh masyarakat. Jadi tahun 2019 tetap akan dikakukan dan sudah diprogramkan untuk dikerjakan sebanyak 2.000 unit di PUPR. Ini akan diperuntukkan di tiap Kabupaten/Kota dimana satu unitnya dengan harga pembuatan sekitar Rp 60 juta," sebut Asri Auzar, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Komisi IV DPRD Riau.

Diakui juga oleh politisi Demokrat ini, kegiatan akan dilakukan secara merata, dimana tiap daerah diperkirakan mendapat jatah sekitar 178 unit. Tiap unit RLH yang dibangun disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. 

"Jadi bentuk rumah yang dibangun itu berbeda sesuai keadaan alam di daerah tersebut.  Bisa jadi ada yang berbentuk 'panggung' dan lainnya," sebut Asri.

Dikatakan lagi, pihaknya akan melakukan pemantauan dalam pekaksanaan RLH ini.  Terutama dalam realisasi atau capaian kegiatan dan tepat sasaran dari peruntukannya.

"Ada syarat dan ketentuan bagi penerima. Terutama bagi masyarakat tidak mampu yang sudah miliki tanah dan rumah sendiri.  Tapi kondisinya sudah reot atau tidak layak dan tidak mampu memperbaikinya," tambah sapaan akrab ongah ini lagi. 

 

Riaugreen.com