REDAKSIRIAU.CO.ID, ROKAN HILIR -Sebanyak enam sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Kepala Dinas DLH Rohil, Suwandi, S.Sos akan mendampingi sekolah guna menerima penghargaan bergengsi itu dari Menteri KLHK.

Menurut keterangan Suwandi, DLH Rohil mengajukan 12 sekolah untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Namun, hanya 6 sekolah yang berhasil menyabet penghargaan sekolah Adiwiyata mandiri tersebut.

"Alhamdulillah, dari 12 sekolah Adiwiyata yang kita usulkan untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, 6 sekolah berhasil memperoleh sertifikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal itu kami ketahui dari surat pemberitahuan hasil verifikasi administrasi dari Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLH Nomor: 
S.402/LATMAS/PGL/SDM.2/11/2018," kata Suwandi, Selasa (13/11/2018).

Dia menyebutkan, untuk penyerahan sertifikat rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2018 nanti di Kementerian Lingkungan Hidup. Biasanya, sekolah yang mendapatkan sertifikat akan diundang. Untuk tahun ini, selain 6 sekolah yang memperoleh sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional, juga ada 5 sekolah yang memperoleh sertifikat Adiwiyata provinsi yang dimulai  dari jenjang sekolah SD, SMP dan SMU.

Adapun tujuan dari program sekolah Adiwiyata sejak digalakan oleh pemerintah pada Tahun 2006, dijelaskan Suwandi untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Program sekolah Adiwiyata tersebut baru diterapkan di Rokan Hilir pada Tahun 2014.

"Penerapan program sekolah Adiwiyata sejak digalakkan pemerintah dari tahun 2006. Hanya saja, Rokan Hilir baru menerapkan program tersebut pada Tahun 2014 dibeberapa sekolah yang bertujuan untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Diharapkan peserta didik dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagaimana mengelola lingkungan disekolah yang bermuara pada pengembangan cinta lingkungan sampai ke lingkungan rumah tempat tinggal, tingkat RT sampai tingkat Kepenghuluan yang disebut Proklim," katanya.

Dia menargetkan,  pada tahun 2021 semua sekolah yang ada di Rokan Hilir diharapkan akan menjadi sekolah Adiwiyata. Prestasi yang diperoleh sejak diterapkan program sekolah Adiwiyata di Rohil dari Tahun 2014-2018 sudah memperoleh 26 sekolah Adiwiyata Nasional, 41 sekolah Adiwiyata provinsi dan 70 sekolah Adiwiyata Kabupaten. Untuk itulah Bupati Rohil mencanangkan Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata.

"Dengan prestasi yang diperoleh, diharapkan pada tahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk itulah DLH Rohil minta bantuan Bupati untuk mencanangkan kabupaten Rohil menjadi kabupaten Adiwiyata," harapnya.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada perusahaan yang peduli lingkungan yaitu PT. Hipomas terhadap sekolah – sekolah dari Tingkat SD, SMP dan SMU,” kata Bupati Suyatno.

Menurut Suwandi, Tadi ada 20 penghargaan, tambah Bupati, yang sudah kita serahkan dan ini suatu prestasi, untuk Rohil menjadi sorotan dari pihak provinsi maupun Nasional, jadi saya berharap bisa dipertahankan dan tingkatkan lagi

“Terima kasih banyak kepada pimpinan sekolah yang sudah memberikan tunjuk ajar yang baik, bagaimana kita merawat lingkungan yang bagus, asri dan itu sudah dibuktikan dilapangan, banyak disekolah yang tumbuh pohon dan tertata rapi, ini salah satu modal kita sehingga nanti anak-anak kita belajar melihat kondisi lingkungan yang bersih, sejuk, indah, mereka akan lebih semangat lagi untuk belajar,” ujarnya.

Suwandi mengatakan, keikutsertaan kabupaten Rohil mulai Tahun 2014 sampai tahun ini, Rohil telah memiliki 63 sekolah Adiwiyata disebut tingkatan, dimulai dari SD, SMP, SMA sederajat, yang terdiri dari 8 sekolah Adiwiyata Nasional, 26 sekolah Adiwiyata provinsi dan 29 sekolah Adiwiyata kabupaten

Oleh sebab itu kepada Bupati Rokan Hilir untuk mencanangkan Rokan Hilir sebagai Kabupaten Adiwiyata,” pinta suwandi

Berikut 20 sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018 yang menerima penghargaan :

1. MAN 1 Rokan Hilir kecamatan Bangko dengan nilai 72

2. SMP Negeri 3 Bangko kecamatan Bangko dengan nilai 72

3. SMP Negeri 4 Bangko kecamatan Bangko dengan nilai 72

4. SD Negeri 006 Raja Bejamu kecamatan sinaboi dengan nilai 72

5. SD Negeri 007 serusa mati kecamatan sinaboi dengan nilai 71

6. SD Negeri 12 Tanjung Medan kecamatan Tanjung Medan dengan nilai 71

7. SD Negeri 006 Bagan Barat kecamatan Bangko dengan nilai 70,5

8. SMA Negeri 3 Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan nilai 69

9. SD Negeri 001 Bagan Kota kecamatan Bangko dengan nilai 69

10. MTS Darul Taqwa sekeladi kecamatan Tanah putih dengan nilai 68,75

11. SD Negeri 017 Bagan punak meranti kecamatan Bangko dengan nilai 68

12. SD Negeri 028 serusa kecamatan Bangko dengan nilai 68

13. SD Negeri 003 Bagan Hulu kecamatan Bangko dengan nilai 66,5

14. SMK Negeri 1 Bangko kecamatan Bangko dengan nilai 65

15. MTS Nurul pitri Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan nilai 60,5

16. SD Negeri 016 Pematang singkatkecamatan Rimba melintang dengan nilai 59

17. SD Nebgeri Parit Aman kecamatan Bangko dengan nilai 59

18. SD Negeri 005 Teluk Dalam kecamatan pujud dengan nilai 58,5

19. SMP Negeri 5 Rimba melintang kecamatan Rimba melintang dengan nilai 57

20. SD Negeri 008 suak Temenggung kecamatan pekaitan nilai 57

Selanjutnya penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat sekolah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2017 yaitu SD swasta Harapan Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 68,75 dan SD Swasta Bina Siswa kecamatan Balai jaya dengan Nilai 65,25. (Adv/Jul)