REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) bersama seluruh perwakilan elemen masyarakat mendeklarasikan anti hoax, anti radikalisme dan Pilkada Damai.

 
Deklarasi yang ditandai dengan penandatanganan oleh perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, Pemerintah Daerah, organisasi profesi, organisasi masyarakat dan lainnya ini, dilakukan sempena buka puasa bersama Plh Gubernur Riau (Gubri), Kapolda, Danrem 031/Wirabima dan Kabinda Provinsi Riau, yang digelar di Kediaman Dinas Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Tembilahan, Kamis 7 Juni 2018.
 
Turut hadir saat itu, Unsur Forkopimda dan sejumlah Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, serta jajaran Polres Inhil dan Kodim 0314/Inhil.
 
Pj Bupati Inhil, Rudyanto dalam sambutannya mengatakan, kedatangan sejumlah pejabat di Provinsi Riau tersebut telah menambah kegembiraan dan kekusyukan masyarakat Kabupaten Inhil dalam menjalankan puasa.
 
"Dengan begitu juga, kedatangan sejumlah pejabat Provinsi Riau ini menjadi sebuah momentum pengendalian situasi, yang sampai hari ini sudah kondusif di Kabupaten Inhil," ujarnya.
 
Kemudian, Pjs Bupati juga menyampaikan beberapa informasi kepada para pejabat Provinsi Riau yang melaksanakan safari Ramadhan ke Kabupaten Inhil. Informasi yang disampaikan adalah terkait, Kamtibmas, Pangan dan Gas, Infrastruktur serta Pilkada Serentak.
 
Mengenai Kamtibmas, Pjs Bupati mengaku, telah memberikan imbauan di setiap kawasan RT dan RW untuk mengaktifkan kembali Siskamling dengan mendirikan pos - pos jaga.
 
"Seluruh warga yang bertamu ke satu wilayah juga dikenakan wajib lapor selama 1 x 24 kepada Ketua RT. Ini semua dilakukan guna meneruskan maklumat Pemerintah Provinsi Riau," terangnya.
 
Terkait pangan dan gas, Pjs Bupati menegaskan, stok yang tersedia akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Inhil selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang relatif stabil.
 
Untuk infrastruktur jalan, Pjs Bupati mengungkapkan, beberapa waktu lalu, pihaknya mengidentifikasi adanya kerusakan di sejumlah ruas jalan. Namun, kerusakan tidak berlangsung lama dan sudah diperbaiki oleh instansi terkait demi kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran.
 
Lebih lanjut, menyambut Pilkada Serentak, Pjs Bupati berharap, pesta demokrasi masyarakat Provinsi Riau akan terselenggara dalam situasi yang kondusif aman dan terkendali.
 
"Saat ini, seluruh tahapan Pilkada Serentak telah selesai dilalui. Menyambut Pilkada Serenatak, pihak penyelenggara, KPUD Kabupaten Inhil kini tengah sibuk dengan pelipatan dan pengiriman kertas suara," terangnya. (Advetorial)