REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR – Sejumlah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajad yang ada di Tembilahan, yaitu SMA 1 Tembilahan Hulu, SMKN 1 Tembilahan, dan SMA PGRI, menerima materi terkait bahaya penyalahgunaan narkotika dan zat-zat adiktif lainnya (narkoba), melalui sosialisasi yang digelar oleh Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (BNN) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta menghadirkan pemateri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau, Kamis (26/04/18).


Dalam sosialisasi yang dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua Umun Pemuda BNN Inhil, Mahmudin, para pelajar diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dari 2 sudut pandang, yakni terkait hukum dan dampak negatif dari narkoba oleh Alpian Alimuddin,  MSi. Jabatan  Penyuluh Bidang P2M BNN Provinsi Riau dan Peran Pemuda serta Pelajar dalam Memerangi Narkoba oleh Aditiya Prahara Ketua Harian Pemuda BNN Inhil.  


Ketua Umum Pemuda BNN Inhil menjelaskan, sosialisasi tersebut merupakan salah satu dari program kerja Pemuda BNN Inhil pada tahun 2018 ini, Pemuda BNN Inhil melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke setiap sekolah-sekolah sebagai upaya pencegahan bahaya narkoba dikalangan remaja. 


“Kita juga sering sosialisasi di semua komponen, baik kalangan pendidikan, kalangan masyarakat umum, tokoh agama, tokoh masyarakat, ibuk-ibuk tentang pencegahan narkotika ini,” kata Mahmudin


Khusus sosialisasi untuk kalangan pelajar, sebagaimana yang digelar hari ini, yaitu di 3 sekolah, Mahmudin menyebutkan, bahasan utama yang diberikan kepada para pelajar, adalah terkait langsung dengan dampak negatif dan hukuman dari mengkonsumsi narkoba.


“Karena kita melihat, para pelajar ini kan mereka sangat rentan mudah dipengaruhi oleh para pelaku-pelaku lain, makanya kita bawa langsung anggota BNN Provinsi Riau, dan materi yang diberikan adalah yang memang langsung menyentuh ke dampak, supaya anak-anak kita dapat melihat langsung, inilah dampaknya kalau kita mengonsumsi narkoba, misalnya jenis shabu,” jelas Mahmudin.


Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Tembilahan, M. Taher berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi bahaya narkoba yang dilakukan oleh Pemuda BNN Inhil dan adanya materi-materi yang diberikan pada kegiatan tersebut, dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada para anak didik, serta mampu mendorong mereka untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba.


“Kita sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini dan dengan adanya kegiatan yang positif ini tentunya membantu mengurangi kekhawatiran kita, bahwa saat ini semakin banyak anak-anak usia pelajar, yang telah bersentuhan dengan narkoba. Di sini, kita juga mengambil peran tentunya sebagai pendidik khususnya menjauhkan para pelajar kita di sekolah ini dari pengaruh dan bahaya narkoba," imbuhnya (rls)