REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Bersempena dengan Peringatan Hari Kartini Tahun 2018, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Tanah Merah menggelar kegiatan Jambore PAUD dan Jambore Kader Posyandu Kecamatan Tanah Merah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin SE MP MSn didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Inhil Drs H Rudiansyah MSi, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil Junaidy SSos MSi, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan dr Saut Pakpahan, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Inhil Rusmaidi, membuka secara resmi kegiatan tersebut, bertempat  di Gedung Olahraga Kelurahan Kuala Enok.

Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini ialah "Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan Melalui Pendidikan dan Kesehatan untuk Mewujudkan Keluarga Kecil Berkualitas."

Camat Tanah Merah dalam sambutannya berterimakasih atas dedikasi dan pengabdian para tenaga didik PAUD di Kecamatan Tanah Merah. Terimakasih atas kerja kerasnya para HIMPAUDI di bawah bimbingan Bunda PAUD Tanah Merah. Mudah-mudahan itu merupakan amal ibadah bagi kita. Dan semoga untuk ke depannya guru-guru PAUD ini mendapat perhatian lebih dari seluruh elemen pemerintah," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Inhil menyampaikan permohonan maaf dan kiriman salam dari Bunda Paud Inhil, Hj Zulaikhah Wardan Ssos ME kepada masyarakat Tanah Merah.

"Beliau sangat ingin hadir di sini, namun dikarenakan suatu hal maka beliau berhalangan hadir di sini. Kami menyambut baik diadakannya Jambore PAUD tingkat Kecamatan Tanah Merah ini. Perkembangan PAUD di Inhil sangat pesat. Di awal tahun 2013 hanya ada puluhan. Sejalan dengan program pemeritrah Inhil DMIJ dan program 1 Desa 1 PAUD, maka hingga saat ini telah banyak PAUD  yang berdiri. Ada bantuan dana untuk biaya operasional PAUD dari Kementerian Pendidikan RI kepada PAUD yang telah terdaftar," urainya.

Selain itu ia berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan juga oleh kecamatan lain yang ada di Inhil ini. Kegiatan diisi dengan senam massal oleh seluruh TK, PAUD, dan Kelompok Bermain se-Kecamatan Tanah Merah.

Dalam kesempatan itu, Said Syarifuddin merasa bersyukur dapat bersilaturahmi dengan masyarakat Tanah Merah. Ia juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. "Alhamdulillah hari ini saya dapat bertatap muka dengan masyarakat di sini, karena saya sudah lama sekali tidak berkunjung ke Tanah Merah ini. Sebagai Pemerintah Kabupaten Inhil saya memberi apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Jambore PAUD dan Jambore Kader Posyandu ini," ujarnya.

Menurutnya antusias masyarakat untuk memeriahkan kegiatan akbar sekecamatan ini patut diacungi jempol. "Saya lihat cukup ramai pesertanya, atraksi anak-anak juga bagus. Hal ini bagus sekali. Selamat untuk kecamatan Tanah Merah karena ini juga merupakan suatu prestasi dalam rangka memperingati Hari Kartini," sebutnya.

Ia mengatakan Pemkab Inhil sangat fokus terhadap pendidikan di Inhil, terutama pada PAUD. Selain memberi kepastian hukum dan penetapan standar, pemerintah terus berupaya memberikan stimulasi terhadap penyelenggaraan PAUD.

Terkait Posyandu, ia menilai bahwa selama ini Posyandu telah banyak berkiprah dan memberi sumbangsih dalam hal kesehatan. "Menjadi Kader Posyandu yang merupakan ujung tombak program pemerintah di bidang kesehatan khususnya Ibu dan anak, bukanlah hal yang mudah. Mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan disetiap waktu kepada warga. Maka keterampilan dalam penanganan kesehatan mutlak diperlukan," paparnya.

Sekda Inhil ini berharap agar kegiatan seperti ini dapat membangkitkan semangat rasa persatuan dan kesatuan bagi bangsa. Usai pembukaan, dilanjutkan dengan penampilan para peserta peragaan busana daur ulang dan peragaan busana Kartini yang diiringi dengan musik.

Untuk diketahui, sebelum acara seremoni ini dilaksanakan, Sekda Inhil beserta rombongan meninjau beberapa mesjid yang ada di Kelurahan Kuala Enok dan Desa Tanah Merah beserta pembangunan jalan dan jembatan penghubung antara Kelurahan. (ADV)