REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, H Dani M Nursalam, S.Pi., M.Si. membuka secara resmi penyelenggaraan Pelatihan Kader Pertama (PKP) Dewan Pengurus Ranting (DPRt) se - Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Senin (24/4/2017) pagi.

Kedatangan H Dani M Nursalam pada kegiatan ini disambut langsung oleh Ketua DPAC PKB Kecamatam GAS, Ardiyansyah dan puluhan peserta PKP yang sekaligus adalah pengurus DPRt PKB se - Kecamatan GAS. Kehadiran H Dani M Nursalam ini, didampingi oleh Desk Kaderisasi DPP PKB, Syamsul Mashudi dan Desk Kaderisasi DPW PKB Riau Radja Ferza Fahlevi yang bertindak sebagai instruktur dalam Pelatihan Kader Pertama ini, serta segenap jajaran pengurus DPC PKB Inhil.

Dalam sambutan yang diberikan, Ketua DPAC PKB GAS, Ardiyansyah mengungkapkan terima kasih sekaligus rasa bangga atas kesediaan H Dani M Nursalam dalam kegiatan ini. Selain itu, Ardiyansyah mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan langkah awal untuk menyamakan persepsi, dan memajukan daerah serta bangsa Indonesia.

"PKP ini merupakan upaya untuk memajukan daerah, khususnya daerah Kecamatan GAS. Bahkan, ini juga langkah untuk memajuka. bangsa. Saya optimistis kemajuan yang diharapkan akan dapat tercapai," pungkasnya.

Lebih lanjut, Ardiyansyah mengatakan, pelaksanaan PKP juga merupakan sebuah upaya menumbuhkembangkan kompetensi para pengurus, khususnya pengurus DPAC PKB Kecamatan GAS dan seluruh DPRt. "Saat ini, kompetensi telah menjadi tuntutan untuk menjawab tantangan zaman. Dengan mayoritas keikutsertaan PKP di Kecamatan GAS adalah oleh kaum muda, maka saya kembali menyatakan optimisme saya, untuk PKB Inhil, khususnya GAS dapat membawa PKB Inhil menjadi lebih berjaya. Apalagi, mengingat tahun politik yang akan segera menjelma," katanya.

H Dani M Nursalam dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan PKP, merupakan upaya untuk menumbuhkan semangat dan menjawab pertanyaan tentang pentingnya berpolitik bersama PKB yang umum diajukan oleh para pengurus PKB yang baru saja bergabung. "Mengapa kita harus berpolitik, mengapa kita harus ikut PKP, mengapa PKB harus menang. Inilah beberapa pertanyaan yang kerap diajukan para pengurus baru. Pertanyaan - pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah para pengurus tersebut menyelesaikan PKP PKB ini," ujar H Dani M Nursalam yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Inhil.

Selanjutnya, dalam perhelatan pemilu legislatif tahun 2014 lalu, H Dani M Nursalam menyatakan kekecewaannya atas torehan suara yang berasal dari Daerah Pemilihan II (Dua), khususnya Kecamatan GAS. "Pada Pileg (Pemilu Legislatif) tahun 2014 lalu, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi, PKB, di Kecamatan GAS hanya memperoleh 200 suara. Maaf, kalau di tempat saya (Daerah Pemilihan I (Satu), red), torehan suara seperti itu hanya untuk satu TPS saja. Bahkan, di satu Desa di Kecamatan Tempuling, itu suara PKB bisa mencapai suara maksimal," ungkapnya.

Namun demikian, H Dani M Nursalam mengungkapkan, melihat keuletan dan kegigihan Ketua DPAC PKB GAS, Ardiyansyah dalam penyelenggaraan PKP ini, tumbuh keyakinan untuk PKB Inhil dapat meraih kemenangan di Kecamatan GAS. "Jerih payah Ardiyansyah dalam meyakinkan kepada DPC PKB Inhil ntuk melaksanakan PKP di Kecamatan GAS patut diapresiasi. Ternyata, dengan kegigihan Ardiyansyah, PKP dapat terlaksana dengan kedatangan puluhan peserta hari ini," katanya.

Pelaksanaan PKP, dikatakan H Dani M Nursalam, adalah wujud keseriusan dari PKB Inhil untuk memenangi kontestasi politik tahun 2018 dan 2019 mendatang dengan tetap berorientasi pada kompetensi pada setiap pengurus. "PKP ini adalah instruksi dari DPP Pusat. Kalau mau sebenarnya bisa saja kita memasang nama - nama pengurus tanpa harus mengadakan pelatihan seperti PKP ini. Namun, PKP ini adalah hak dari seluruh pengurus PKB di setiap tingkatan. PKB tidak mengenal pragmatisme. Jadi, inilah perbedaan PKB dengan partai lain," ujar alumni S1 Universitas Riau ini.

Untuk itu, H Dani M Nursalam mengharapkan, agar para kader PKB yang telah mengikuti PKP nantinya, bisa memajukan PKB di Kecamatan GAS, baik melalui DPAC, DPRt maupun DPARt. "Pembekalan ini jadikanlah modal untuk mengembangkan organisasi. Sebagai pemenang pemilu tahun 2014 lalu. Tentu kita harus mempertahankan, bahkan mengembangkan prestasi ini di pemilu - pemilu berikutnya," kata H Dani M Nursalam.

Untuk diketahui, kegiatan PKP DPAC PKB aKecamatan GAS tahun 2017 ini diikuti oleh 85 orang peserta yang merupakan pengurus DPAC Kecamatan GAS dan DPRt se - Kecamatan GAS yang terdiri dari 60 orang peserta laki - laki dan 25 orang peserta perempuan.