REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Bupati Inhil HM Wardan berharap peringatan Hari Kelapa Dunia (Word Coconut Day) September 2017 mendatang yang Kabupaten Inhil ditunjuk sebagai tuan rumah akan memberi dampak positif terhadap harga jual kelapa di daerah ini.

Peringatan Hari Kelapa Dunia itu nantinya akan diisi dengan beberapa kegiatan, seperti Festival Kelapa Internasional, pertemuan, pameran dan kegiatan lainnya yang mengusung tema tentang perkelapaan.

Kegiatan-kegiatan ini juga akan melibatkan seluruh stackholder terkait, terutama masyarakat Inhil yang sebahagian besar menumpukan sumber penghasilan dari tanaman yang dijuluki “pohon kehidupan” ini.

“Semoga kegiatan itu nantinya akan memberi dampak positif bagi perkembangan harga kelapa masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir,” Sampaikan Bupati di Tembilahan baru-baru ini.

Membaiknya harga jual kelapa pastinya akan berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Peringatan Hari Kelapa Dunia juga akan menarik minat banyak pihak, terutama para investor dibidang perkelapaan.

Untuk sekedar diketahui, kegiatan peringatan Hari Kelapa Dunia sudah dilaksanakan dibeberapa wilayah Indonesia sejak tahun 2008 lalu.

Kegiatan tersebut seperti pertemuan Internasional Cocotech APCC di Manado 2008, Kongres Kelapa Nasional (KNK) yang diadakan tiap empat tahun, perayaan hari kelapa di Kalianda Lampung tiap November/Desember, International Coconut Conference di Gorontalo September 2013, Coco Trade Fair Prisma 3 Sept 2016 di Lombok dan terakhir Cocotech APCC 26-30 September 2016 lalu di Kuta Bali. (ADV)