Seekor Hiu Terdampar di Perairan Bojongsalawe

REDAKSIRIAU.CO, PANGANDARAN - Warga Dusun Buniayu, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, kembali dihebohkan dengan terdamparnya seekor ikan hiu di perairan Bojongsalawe, Minggu (4/12/2016).

Salah satu warga setempat Jajat Sudrajat (38) mengatakan, hiu tersebut terdampar di perbatasan Pantai Batu Hiu dengan laut Bojongsalawe pukul 10.00 WIB. Karena ikan tersebut masuk kategori satwa langka dan dilindungi, warga langsung berinisiatif melakukan upaya penyelamatan dengan cara menarik hiu menggunakan perahu nelayan.

Loading...

"Namun upaya penyelamatan tersebut gagal dilakukan lantaran keterbatasan peralatan yang dimiliki," kata Jajat.

Jajat menambahkan, nelayan dan kelompok masyarakat langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Kelautan Pertanian Kehutanan (DKPK) dan Pos TNI AL untuk mencari solusi terbaik dan tidak bertentangan dengan aturan hukum.

"Setelah upaya penyelamatan gagal akhirnya ikan hiu tersebut mati lantaran posisinya berada di perairan yang dangkal," tambah Jajat.

Jajat menjelaskan, kemungkinan besar hiu tersebut tidak akan disembelih seperti kejadian yang terjadi di Pantai Timur Pangandaran beberapa waktu lalu. Sebab, berdasarkan keterangan beberapa pihak, ikan hiu tersebut mengandung virus dan bakteri yang membahayakan.

"Perkiraan panjang badan hiu mencapai 4 meter dengan taksiran bobot berat satu ton," jelasnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...