Infeksi Menular Seksual Sangat Berkaitan Dengan HIV AIDS

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau melalui Kasi Promkes Dinkes Kabupaten Inhil, Siti Munziarni mengatakan bahwa secara epidemiologis terdapat kaitan erat antara penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) dengan penularan HIV.

Baik IMS dengan yang dapat menyebabkan luka maupun tanpa luka, terbukti meningkatkan resiko penularan HIV melalui hubungan seksual sebanyak 3-5 kali. Diperkirakan IMS dengan luka dapat meningkatkan resiko infeksi HIV menjadi 300 kali lipat pada paparan yang tidak terlindung.

Loading...

"Di negara berkembang, tiga sampai lima persen wanita usia subur terdiagnosis sifilis. Sekitar 30% ibu hamil dengan sifilis akan melahirkan," sebutnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap selalu menjaga kesehatan dan tidak melakukan hubungan seksual yang beresiko menularnya penyakit yang mematikan seperti HIV dan AIDS.

"Untuk kasus IMS ini sering tidak dirasakan atau tidak menunjukkan gejala, sehingga penting sekali untuk melakukan pemeriksaan secara rutin di layanan kesehatan," imbuhnya.

Dijelaskannya, IMS sering tidak menampakkan gejala apapun terutama pada wanita. Namun, ada pula IMS yang menunjukkan gejala seperti keluarnya cairan dari vagina, penis atau anus yang berbeda dari biasanya, rasa perih atau nyeri atau panas pada saat kencing atau setelah kencing dan atau menjadi sering kencing.

Kemudian ada luka terbuka atau basah di sekitar kemaluan atau sekitar mulut. Luka ini bisa terasa nyeri dan bisa juga tidak. Ada juga semacam tumbuhan seperti jengger ayam atau kutil disekitar kemaluan dan bisa juga terjadi pembengkakan pada lipatan paha.

"Pada pria, terdapat bengkak dan nyeri pada kantung zakar. Sakit perut dibagian bawah yang kambuhan tetapi tidak berhubungan dengan haid, keluar darah setelah berhubungan badan dan secara umum yaitu merasa tidak enak badan atau demam," jelasnya. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...