Tinjau Proyek Tanggul, Ini Kata Kadisbun Inhil

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Tantawi Jauhari didampingi jajarannya Kabid Sarana dan Prasaran Disbun Inhil, Ngadio, Surya Akmal Surgana, UPT Disbun Kecamatan Tempuling Sri Wahono dan pihak rekanan kontraktor meninjau beberapa lokasi peroyek tanggul mekanik untuk penyelamatan perkebunan kelapa rakyat di Kecamatan Tempuling, Kamis (13/10/2016).

Loading...
Salah satu proyek tanggul yang ditinjau Tatawi adalah tanggul mekanik sepanjang 6.5 KM di Parit 8 dan 9 Keluarahan Sungai Salak Kecamatan Kemuning yang mana proyek bernilai Rp.378.130.000 ini dikerjakan oleh CV Nesha Bangun Pratama sebagai Konsultan Pengawas CV H & N Cons.

Dihadapan para petani yang hadir melihat penijauan tersebut, Tatawi menyampaikan berbagai pesoalan yang tengah dihadapi oleh para petani dan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil dibidang perkebunan. Salah satunya adalah terkait kerusakan kebun kelapa akibat intrusi air asin.

"Saat ini lebih dari 100 ribu kebun kelapa masyrakat Inhil tidak produktif lagi atau dalam kondisi rusak," katanya.

Dilanjutkan mantan Kepala Kesbangol Inhil ini, untuk menanggulangi kerusakan tersebut, Pemerintah Kabupaten Inhil akan membangun tanggul sepanjang 6000 KM guna mengantisipasi intrusi air asin yang akan dianggarkan secara bertahap setiap tahunnya.

"Untuk itu kita minta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dan punya rasa memiliki, karena setelah tahun ini, sangat kecil kemungkinan untuk bisa kita anggarkan lagi, tentunya daerah lain lagi yang akan kita anggarkan," ungkap Tantawi.

Tantawi juga mengajak kepada para petani untuk kembali menggaungkan semangat gotong royong yang saat ini mulai hilang, beberapa persoalan dapat diselesaikan sendiri oleh petani jika ada kebersamaan dan kekompakan. Selain itu, Tantawi juga mengimbau kepada para petani agar bisa menyisihkan dari penghasilan kelapanya untuk biaya perawatan kebun mereka sendiri.

"Saat kelapa kita bagus dan harganya mahal coba sedikit kita sisihkan uangnya untuk biaya perawatan," tukasnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...