Virus Zika Mewabah, Belum Ada Travel Warning ke Singapura

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Riau, Fahmizal Usman mengungkapkan bahwa menurut catatan yang ada saat ini, arus perjalanan wisata masyarakat Riau ke Singapura masih normal meskipun saat ini negara tersebut sedang disibukkan oleh serangan virus Zika. Kendati begitu, Fahmizal Usman juga mengatakan bahwa hingga saat ini belum travel warning atau larangan bepergian ke Singapura oleh beberapa negara.

  

“Kita tidak melarang bagi yang berangkat ke Singapura. Tapi tetap kita ingatkan bahwa di sana sedang ada wabah,” sebutnya.

  

Untuk di Riau untuk ke Singapura masyarakat masih memilih naik jalur udara. Ada dua maskapai Silk Air dan Jet Stars yang melayani rute Singapura dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Meski begitu kata Fahmi pihaknya terus berkoordinasi dengan intansi kesehatan untuk memperketat masuknya penumpang yang pulang dan pergi ke Singapura.

Loading...

  

“Kita berkoordinasi, seperti dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) di Bandara SSK II Pekanbaru juga memperketat masuknya virus Zika dari Singapura ke Riau lewat alat pendeteksi suhu tubuh. Jadi memang ketat pemeriksaannya,” katanya.

  

Untuk informasi warga yang terjangkit, Fahmi sampaikan belum ada. “Alhamdulillah belum ada. Kita berharap tidak ada yang terjangkit. Upaya pencegahan terus dilakukan,” katanya.

  

Seperti yang diketahui 6 negara secara resmi mengeluarkan travel warning kepada masyarakatnya ke Singapura. Hal itu guna melindungi warga negaranya dari ancaman virus zika. Negara-negara yang telah menerbitkan travel warning tersebut antara lain, Amerika Serikat, Australia, Taiwan, China, Hongkong, dan Korea Selatan. Indonesia sendiri masih sebatas advisory travel atau himbauan bagi para turis atau masyarakat yang akan bepergian ke negeri Singa tersebut.

  

Pihak Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Provinsi Riau juga telah memberlakukan himbauan para pelancong atau masyarakat yang akan bepergian ke Singapura. Ketua Asita Riau , Dede Firmansyah sebut untuk penerbangan ke Singapura ada Dua maskapai yang melayani rute tersebut, yakni Silk Air dan Jet Stars.

  

“Kalau dari informasi yang kita peroleh, jumlah penumpang masih normal belum turun drastis. Rata-rata ratusan orang yang pulang dan pergi dari Bandara SSK II per hari,” kata Dede.

  

Namun Asita Riau tetap mengikuti arahan dari pemerintah terkait langkah yang mesti diambil. “Kita koordinasi juga dengan Diskes dan Dinas Pariwisata. Tapi sejauh ini belum ada arahan travel warning untuk warga Riau ke Singapura,” ujar Dede.

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...